Fathanah Juga Incar Proyek PLTS di Kementerian PDT

Ahmad Fathanah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVAnews – Ahmad Fathanah, orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, ternyata tidak hanya terlibat dalam proyek pengurusan kuota daging sapi impor di Kementerian Pertanian. Ia juga mengincar proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT).

Hal itu diungkapkan mitra bisnis Fathanah, Ketua Asosiasi Perbenihan Elda Deviane Adiningrat dalam persidangan Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2013. “Beliau (Fathanah) minta cari jalan kalau ada program atau proyek di PDT,” kata Elda.

Kebetulan, anak buah Elda mendapat jalur untuk memperoleh proyek di kementerian yang dipimpin Helmy Faishal Zaini itu. Helmy adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

“Nilai investasi Rp5 miliar,” Elda bersaksi. Ia mengaku tidak tahu dari mana Fathanah memperoleh uang tersebut.

Dalam kasus suap daging impor di Kementerian Pertanian, Elda bersama Fathanah menjadi perantara PT Indoguna Utama dalam mengurus penambahan kuota impor daging sapi untuk perusahaan itu di Kementerian Pertanian.

Elda yang juga berstatus tersangka Kejaksaan dalam kasus penipuan di Bank Jabar Banten ini juga mengaku telah memfasilitasi pertemuan antara petinggi PT Indoguna Utama dengan Luthfi Hasan Ishaaq. (kd)

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024