Mentan Suswono Kenal Bos Indoguna dari Ruhut Sitompul

Menteri Pertanian Suswono.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono mengaku mengenal Bos PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman dari politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul. Menurut Suswono, awalnya dia tidak kenal dengan Maria Elisabeth Liman.
Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Namanya entah yang ini atau tidak. Tapi pernah dengar namanya sekali dari Ruhut anggota DPR," kata Suswono di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2013.
Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Pertemuan Suswono dengan Maria Elizabeth terjadi di Medan pada Januari 2013. Saat itu, Maria memperkenalkan diri sebagai Dewan Penasihat Asosiasi Importir Daging Indonesia (ASPIDI) dan memaparkan data terkait krisis daging sapi kepada Suswono.
Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

"Saran saya kepada dia, datanya perlu diuji," ujarnya.

Suswono membantah pertemuan itu membahas penambahan kuota impor yang diajukan PT Indoguna Utama."Tidak ada secara implisit soal impor," katanya.

Selepas sidang, Suswono kemudian mengklarifikasi pernyataannya mengenai perkenalannya dengan Bos Indoguna Utama melalu Ruhut Sitompul. Menurut Suswono, Ruhut pernah menyebut nama Maria dalam sebuah pembicaraan, hanya saja Ia tidak terlalu menghiraukan ucapan Ruhut.

"Tapi tidak ada pembicaraan soal permintaan kuota dan lain-lain. Itu cuma sahabat. Sepintas saja, tak ada pembicaraan khusus. Apakah itu Elizabeth yang sekarang ini atau bukan," kata Suswono.

Politikus PKS itu juga tak mengetahui dalam konteks apa Ruhut menyebut Maria dalam perbincangan dengannya itu. "Saya tidak tahu, yang jelas pernah dengar itu (nama), tetapi dia sebagai sahabat pernah menjadi importir, hanya sekedar itu saja," kata dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya