Harta Kekayaan Calon Tunggal Panglima TNI Rp32 Miliar

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko hari ini, Rabu, 21 Agustus 2013 akan menghadapi uji kepatutan dan kelayakan sebagai kandidat tunggal Panglima TNI di DPR. Sebelumnya perwakilan Komisi I DPR telah mencari rekam jejak sang jenderal sebagai bahan uji kepatutan.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Dari hasil penelusuran di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi I DPR tidak menemukan catatan buruk mantan Gubernur Lemhanas itu. Bahkan nama sang jenderal yang belakangan dikaitkan dengan "Operasi Sajadah" tidak terbukti. KPK juga menyatakan nama Jenderal Moeldoko tidak terkait kasus korupsi.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks


Meski tidak ditemukan catatan buruk, rupanya memiliki harta kekayaan dalam jumlah yang fantastis. Harta Moeldoko yang pernah dilaporkan KPK pada 25 April 2012 mencapai Rp32.485.223.702.


Harta tersebut berupa tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa daerah. Di antaranya di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bekasi, Pasuruan, Pontianak, Bogor dan Bogor. Tanah dan bangunan milik Moeldoko itu bernilai Rp22.133.568.200.


Selanjutnya untuk harta bergerak berupa kendaraan bermotor tercatat bernilai Rp1,7 miliar, yaitu mobil dengan merek Toyota Land Cruiser. Moeldoko juga memiliki harta berupa peternakan dan perkebunan senilai Rp1,2 miliar. Terdiri peternakan 40 ekor sapi senilai Rp200 juta, 80 ekor ikan Arwana senilai Rp200 juta, dan perkebunan kelapa sawit senilai Rp800 juta.


Sementara untuk harta bergerak lainnya berupa logam mulia, batu mulia, dan benda lainnya bernilai Rp4.633.000.000. Giro setara kas senilai Rp2.818.655.502. Total harta kekayaan Moeldoko itu masih dikurangi utang senilai Rp300 juta. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya