Pesawat Tabrak Sapi, Kemenhub Terheran-heran

Lion Air tergelincir karena menabrak anak sapi
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin

VIVAnews - Pesawat Boeing 737-800 NG milik Maskapai Lion Air, keluar landasan setelah menabrak seekor anak sapi di landasan pacu Bandara Djalaluddin, Gorontalo, Sulawesi Utara, Selasa malam, 6 Agustus 2013. Beruntung tidak ada korban jiwa dan luka dalam insiden tersebut.

Menyikapi hal itu, Kementerian Perhubungan berjanji akan memberikan teguran keras kepada pengelola Bandara Gorontalo, Sulawesi. "Siapa pun yang salah akan kami tegur nanti," kata Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, dalam acara open house Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, di Jalan Widya Candra I No. 3, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2013.

Dia mengaku heran bisa ada hewan di landasan pacu. Untuk itu, mereka akan semakin membatasi akses ke area penerbangan agar lebih steril. "Jalur penerbangan nanti akan dibatasi. Sekarang kami juga terus menginvestigasi para petugas bandara, kenapa sapi itu bisa lolos dari pengawasan," ujarnya.

Inspektur Bandara Djalaludin Gorontalo, Deden Chandra, menolak memberikan tanggapan soal amburadulnya pengawasan landasan pesawat sehingga membahayakan keselamatan penumpang.

"Maaf, saat ini saya belum mau memberi tanggapan terkait pengawasan, nanti dihubungi saja kembali," kata Deden kepada VIVAnews, Kamis 8 Agustus 2013.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Kapolsek Bandara Djalaluddin Ipda AR Humonggio mengatakan pagar bagian utara di landasan bandara itu memang rawan diterobos hewan ternak karena terbuat dari kawat. "Pagar sebelah selatan dan timur sudah bagus," katanya.

Insiden semacam ini bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pada 19 April 2010, sebuah pesawat latih menabrak dua orang di landas pacu Curug, Tangerang, Banten. Kedua orang tersebut mengendarai sepeda motor dan tewas di tempat. (

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024