Keponakan Jadi Anak Buah Samad, Penasihat KPK Mundur

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews -
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2013-2017, M Mutashim Billah, mengundurkan diri dari jabatannya. Billah mundur setelah mengetahui keponakannya juga bekerja di KPK.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

"Di KPK itu ada kode etik, tidak boleh ada pegawai yang di dalam kantor itu ada hubungan
Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
family derajat ketiga dalam keluarga," kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, di kantornya, Rabu, 31 Juli 2013.


Setelah Biro Sumber Daya KPK menelaah dokumen, kata Busyro, diketahui bahwa keponakan Billah juga bekerja di KPK. Atas temuan itu kemudian pimpinan menggelar rapat, dan hasilnya diputuskan Billah harus mundur.


"Dan hasil dokumennya memang betul ada hubungan tersebut. Lalu kami beritahukan bahwa ada temuan seperti ini. Pak Billah dengan sportif menyatakan mengundurkan diri," ungkap dia.


Meski demikian, Busyro membantah pihaknya kecolongan dalam proses seleksi penasihat KPK. "Setelah beliau masuk itu memang baru tahu kalau ada keponakannya itu," tegasnya.


Busyro menyatakan Billah tidak lagi menjabat sebagai penasihat KPK sejak 1 Agustus 2013. KPK belum melakukan rapat mengenai siapa pengganti Billah. "Suratnya sudah dikirim dan dalam surat itu pengunduran dirinya mohon dihitung sejak 1 Agustus," ujarnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya