Thaksin Dikabarkan Akan Beli Saham Bakrie di Bumi Plc

Kegiatan penambangan Bumi Plc
Sumber :
  • Bumi-Plc.com

VIVAnews - Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham milik Grup Bakrie di Bumi Plc. Grup Bakrie memiliki 23,8 persen saham di perusahaan tambang batu bara yang berbasis di London, Inggris itu.

Seperti dikutip dari Reuters, tidak disebutkan berapa harga penawaran yang diajukan Thaksin. Namun, The Sunday Times melaporkan, Thaksin telah menggaet UBS untuk memuluskan rencana transaksi itu.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Thaksin menolak untuk mengomentari kabar tersebut. Sementara itu, Direktur Independen Non Eksekutif, Bumi Plc, Amir Sambodo, ketika dimintai konfirmasi menyatakan, manajemen Bumi Plc belum mengetahui secara resmi rencana pembelian saham oleh Thaksin tersebut. "Saya hanya mendengar di media. Namun, kami secara resmi belum memperoleh penjelasan detail," kata Amir kepada VIVAnews.

Sebelumnya, Chief Executive Officer Bumi Plc, Nick Von Schirnding, mengatakan, pada Juni perusahaan telah menerima jaminan sebesar US$228 juta untuk menyelesaikan kesepakatan antara Grup Bakrie dan Bumi Plc.

Grup Bakrie akan melakukan tukar guling sahamnya di Bumi Plc dengan 29 persen saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Skenarionya, Grup Bakrie yang kini menguasai 23,8 persen saham Bumi Plc akan menukarnya dengan sekitar 10,3 persen saham Bumi Resources. Selanjutnya, sisa saham Bumi, yaitu sekitar 18,7 persen akan dilunasi Grup Bakrie dengan pembayaran tunai.

Bumi Plc telah mengumumkan bahwa penandatanganan Heads of Terms Agreement mengenai rencana pemisahan dari Grup Bakrie dan Bumi Resources telah ditandatangani pada 12 Februari 2013. Dalam syarat-syarat perjanjian itu di antaranya disebutkan bahwa Bumi Plc dapat mendivestasikan seluruh kepemilikan sahamnya di Bumi Resources dan memisahkan Grup Bakrie dari perseroan.

Terkait rencana transaksi pemisahan itu, Grup Bakrie menyetorkan deposit US$50 juta.

Dalam Heads of Terms Agreement itu juga disebutkan, Grup Bakrie akan melepaskan kepemilikan tidak langsung sebanyak 57.298.534 saham di Bumi Plc, atau setara 23,8 persen dari total modal ditempatkan di Bumi Plc.

Kepemilikan saham itu akan ditukar dengan saham Bumi Resources yang dimiliki Bumi Plc sebanyak 2.316.967.115 atau setara 10,3 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan di Bumi Resources.

Selanjutnya, Bumi Plc akan menjual kepada Grup Bakrie sisa saham Bumi Resources sebanyak 3.924.732.522 yang dimiliki Bumi Plc. Jumlah saham itu setara 18,9 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan di Bumi Resources. Nilai penjualan saham itu sebesar US$278 juta dan akan dibayar tunai.

Dalam perjanjian itu, Grup Bakrie diminta untuk menempatkan dana US$278 juta itu dalam escrow account selambat-lambatnya pada 15 Februari lalu. Namun, transaksi itu masih harus mendapatkan persetujuan pemegang saham Bumi Plc.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024