Buka-bukaan Selubung Mobil Murah Datsun dan Honda

Sketsa mobil murah Datsun
Sumber :
  • Datsun.com
VIVAnews
Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah
- Dua produsen mobil asal Jepang, Nissan dan Honda siap memperkenalkan mobil murah mereka, bulan ini. Nissan menyodorkan Datsun, sedangkan Honda mengandalkan Brio Satya.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Sebelum memulai
Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
World Premier , 15 Juli mendatang di India, Nissan lebih dulu menampilkan sketsa Datsun di situs resminya.

Model pertama Datsun menggunakan
platform
yang sama dengan March atau Micra, termasuk mesin 1.2 liter bensin yang mampu menghasilkan tenaga 75 hp.


Menurut Vincent Cobee, Kepala Divisi Global Datsun, mobil Datsun akan dikembangkan secara lokal di setiap negara yang menjadi pasar mereka (India, Rusia, Afrika Selatan, dan Indonesia). Tentunya, dengan dukungan dari para insinyur dan tim
styling
Nissan Motor Company.


Datsun nantinya dijual 400 ribu rupee atau sekitar Rp75 juta. Mobil ini akan menyasar konsumen yang memiliki penghasilan sekitar 30 ribu rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.


Setelah diperkenalkan di India, Datsun rencananya diperlihatkan di Tanah Air pada perhelatan Indonesia International Motor Show, September 2013.


Tak mau ketinggalan, Honda Prospect Motor (HPM) --agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, juga menyiapkan "senjata" mobil murah.


Sebelumnya,
Marketing and Aftersales Service Director
HPM, Jonfis Fandy, mengatakan, siap buka-bukaan soal sosok mobil murah mereka, yang belakangan diketahui menggunakan
platform
city car
Brio.


"Lihat saja Juli 2013. Kalau petunjuk teknis LCGC (
Low Cost Green Car
) sudah ada baru kami bisa kenalkan," kata Jonfis.


Meski masih bungkam, HPM diketahui telah mendaftarkan nama mobil baru ke Kementerian Perindustrian. Nama mobil itu ada Brio Satya. Dugaan bahwa mobil ini adalah LCGC Honda cukup kuat, mengingat mereka mengatakan bakal menggunakan
platform
Brio dalam merancang mobil murah.


Tapi, produsen asal Jepang itu tidak akan menggunakan nama Brio sebagai merek produknya. Mereka bakal menggunakan nama lain yang memiliki unsur Indonesia, sesuai ketentuan LCGC.


Dalam ensiklopedia bebas, Satya berasal dari bahasa Sansekerta yang biasanya diberikan untuk anak laki-laki, dengan definisi tulus hati.


HPM mendaftarkan Honda Brio Satya DD1 mesin kapasitas 1.200cc sebanyak 5 varian; A (transmisi manual), E (transmisi manual dan otomatis), dan S (transmisi manual dan otomatis).


Melirik spesifikasi mesin Honda Brio Satya, sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013. Di mana, mobil yang mendapatkan insentif maksimal bermesin 1.200cc.


Jika benar Honda menyodorkan Brio Satya sebagai mobil murahnya, dari segi kapasitas mesin mobil itu lebih tinggi dibanding si kembar Ayla-Agya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya