DKI Mulai Bangun Rusun Daan Mogot dan Muara Baru

Rumah susun Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara/ Fajar Ambya

VIVAnews – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meresmikan groundbreaking pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) Daan Mogot dan Muara Baru di Jalan Daan Mogot, Kelurahan Semanan, Kecamatan Duri Kosambi, Jakarta Barat, Kamis 20 Juni 2013.

“Semoga groundbreaking ini dapat menggugah hati para pengembang untuk membangun rusun lainnya bagi warga DKI yang tidak punya rumah,” kata Wagub yang akrab disapa Ahok itu.

Rusunawa Daan Mogot dibangun di atas lahan seluas 17,3 hektare. Rusun ini terdiri dari 8 blok dengan jumlah total 800 unit. Satu blok memiliki 100 unit. Sementara Rusunawa Muara Baru terdiri dari 8 blok dengan jumlah hunian 640 unit yang dibangun di atas lahan seluas 3,3 hektare.

“Jadi total hunian yang akan tersedia untuk warga miskin di bantaran kali mencapai 1.440 unit. Kami akan pindahkan warga bantaran kali secara bertahap ke sini setelah pembangunan selesai,” kata Ahok. Anggaran pembangunan kedua rusunawa ini tidak berasal dari kas atau APBD DKI, namun dari kewajiban pengembang untuk menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Pengembang yang menunaikan kewajibannya membangun Rusunawa Daan Mogot adalah PT Kapuk Naga Indah dan PT Warawisesa. Sedangkan pengembang yang membangun Rusunawa Muara Baru adalah PT Naga Indah dan PT Jaladri Kartika Paksi.

Sebelumnya Ahok mengancam tidak akan memberikan izin bagi pengembang yang tidak menunaikan kewajibannya di muka. Selain itu ia bertekad akan mengejar semua tunggakan pengembang yang bila dikalkulasikan bisa untuk membangun sekitar 200 tower rusun.

Pasar Rumput

Pembangunan rusun terpadu di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, akan dimulai tahun depan. Konsep rusun ini unik karena dibangun terintegritas dengan pasar tradisional.

Rupiah Loyo Dibayangi Penurunan Surplus Neraca Dagang RI

“Pasar enggak hilang. Hanya nanti  ada rusun di atasnya. Desainnya akan lebih bagus. Pedagang di bawah (pasar) akan ditata sesuai dengan dagangan,” kata Dirut PD Pasar Jaya, Jangga Lubis.

Sosialisasi terhadap pedagang terkait pembangunan rusun di atas Pasar Rumput telah dilakukan. “Mereka sepakat kok. Mereka senang,” ujar Jangga.

Rusun Pasar Rumput nantinya akan terdiri dari 3 tower dengan masing-masing tower terdiri dari 24 lantai. Pembangunan rusun ini adalah kerja sama Pemprov DKI dan Kementerian Perumahan Rakyat. Pemprov DKI hanya menyediakan lahan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Jonathan Pasodung diperintah Jokowi untuk segera merealisasikan pembangunan rusun-rusun di Jakarta. “Berdasarkan estimasi, perencanaan selesai Juli, lelangnya sekitar 45 hari atau 1,5 bulan. Jadi sekitar bulan 9-10 (September-Oktober) groundbreaking," kata Jonathan. (ren)

Akhirnya Kate Middleton muncul di depan publik, ini foto terbarunya

Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya

Setelah beberapa waktu absen dari sorotan publik, Kate Middleton, Putri Wales Kerajaan Inggris, akhirnya muncul setelah dinanti-nantikan. Ini foto terbaru sang putri.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024