Demokrat: Gita Wirjawan Paling Siap Maju Konvensi Capres

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO /Prasetyo Utomo
VIVAnews
SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
– Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Kastorius Sinaga, Kamis 20 Juni 2013, menilai Menteri Perdagangan Gita Wirjawan paling siap mengikuti konvensi calon presiden di partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

“Dari seluruh tokoh nasional yang tertarik mengikuti konvensi capres, yang mengatakan telah siap adalah Gita Wirjawan. Dengan demikian dia mengedukasi masyarakat bahwa ini konvensi yang profesional,” kata Kastorius dalam diskusi di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.
Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses


Kastorius mengatakan tokoh yang ingin bertarung dalam konvensi Partai Demokrat setidaknya memiliki jabatan selevel menteri. Selain itu, mereka juga harus memenuhi 4 faktor utama, yaitu elektabilitas, sumber daya ekonomi, visi, dan tampilan.


“Dari kriteria yang ada, saya lihat Gita memiliki visi ekonomi teruji yang telah diakui dunia internasional. Dia cukup berhasil membawa ekonomi Indonesia ke abad 21,” ujar Lastorius.


Selain Gita, beberapa tokoh nasional yang berpotensi ikut dalam konvensi capres Demokrat adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitsui Moh Mahfud MD, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat.


Menurut Kastorius, tokoh-tokoh tersebut juga memiliki kemampuan, integritas, dan rekam jejak yang tidak kalah baiknya dengan Gita. “Semua layak dan bagus. Tapi politik itu suatu pertarungan yang kuat,” kata dia.


Kastorius menyatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tidak menunjuk siapa capres yang akan diusung Demokrat dalam Pilpres 2014. SBY lebih memilih untuk membuka tradisi baru dengan menggelar konvensi.


“Konvensi Demokrat yang kami canangkan yaitu untuk memilih tokoh terbaik dari bangsa ini, untuk kemudian bisa diusung sebagai capres di 2014. Jadi terbuka, tidak hanya diikuti kader Demokrat,” kata Kastorius. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya