Selasa, 2 September 2014
20:59 WIB
Deretan "Musuh" Mobil Murah Ayla-Agya
Produsen mulai membeberkan jagoan mobil murah mereka.
Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sandy Adam Mahaputra | Kamis, 20 Juni 2013, 05:36 WIB

VIVAnews - Mobil murah Daihatsu Ayla-Toyota Agya tidak bakal melenggang sendiri di pasar ketika Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) regulasi Low Cost Green Car (LCGC) dikeluarkan.

Dari seluruh produsen mobil yang ikut bermain di LCGC, memang baru Ayla-Agya yang sudah dipamerkan ke publik, bahkan jauh sebelum regulasi diterbitkan, yaitu September tahun lalu.

Tak cuma itu, mereka juga telah membuka pemesanan meski akhirnya banyak konsumen yang 'lari' lantaran si kembar tak juga bisa dijual.

Namun, setelah regulasi LCGC terbit, para produsen lain mulai membeberkan jagoan mobil murah mereka. Yang terbaru adalah Suzuki.

Mereka mencoba mengetes pasar dengan memamerkan mobil concept bernama G-II, di Jepang disebut Wagon-R, dalam perhelatan Pekan Raya Jakarta 2013. Mobil itu digadang-gadang menjadi calon kuat model LCGC Suzuki.

Mobil concept ini memiliki desain seperti Suzuki Karimun Estilo, Alto dan Splash. Wagon R diproduksi Maruti India. Mengandalkan mesin berkapasitas 1.0 liter, 3 silinder yang menghasilkan 68 PS dan torsi 90 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Di India, Wagon R memiliki 5 varian, termasuk yang menggunakan BBG (Bahan Bakar Gas). Mobil lima penumpang itu dijual 357.880 rupee atau sekitar Rp62 juta.

Honda dan Tulus Hati

Berbeda dengan Suzuki, produsen Jepang lainnya, Honda memilih tidak memamerkan jagoan miliknya. Mereka justru lebih dulu mendaftarkan calon mobil murah ke Kementerian Perindustrian, Rabu 19 Juni 2013.

Nama mobil itu adalah Brio Satya. Dugaan mobil ini adalah LCGC Honda cukup kuat, mengingat mereka mengatakan bakal menggunakan platform Brio dalam merancang mobil murah.

Tapi, produsen asal Jepang itu tidak akan menggunakan nama Brio sebagai merek produknya. Mereka bakal menggunakan nama lain yang memiliki unsur Indonesia, sesuai ketentuan LCGC.

Dalam ensiklopedia bebas, Satya berasal dari bahasa Sansekerta yang biasanya diberikan untuk anak laki-laki, dengan definisi tulus hati.

HPM mendaftarkan Honda Brio Satya DD1 mesin kapasitas 1.200 cc sebanyak 5 varian; A (transmisi manual), E (transmisi manual dan otomatis), dan S (transmisi manual dan otomatis).

Jika melirik spesifikasi mesin Honda Brio Satya, sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013. Di mana, mobil yang mendapatkan insentif maksimal bermesin 1.200cc.

Namun belum diketahui, apakah Brio Satya memenuhi ketentuan lainnya, yakni konsumsi BBM di atas 20 km dengan 1 liter bahan bakar dan menggunakan 80 persen komponen lokal.

Honda Prospect Motor (HPM) belum mau berkomentar banyak mengenai hal ini, mereka beralasan masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dari regulasi LCGC. Meski begitu, HPM berjanji siap buka-bukan soal sosok mobil murahnya, bulan depan.

Di tengah gembar-gembornya produsen Jepang dengan mobil murah, perhatian sempat tertuju ke produsen asal Negeri Gingseng, Korea Selatan, yaitu KIA Mobil Indonesia (KMI).

Diam-diam, KMI mendaftarkan produknya Picanto-Morning 1.0L transmisi manual dan matik ke Kementerian Perindustrian.

City car itu dimodali mesin 3 silinder 998cc yang mempunyai tenaga maksimum 68PS. Diketahui, KIA Picanto memang mempunyai dua pilihan tipe mesin, namun yang masuk ke pasar Tanah Air hanya Picanto bermesin 1.300cc.

Dengan didaftarkannya Picanto Morning 1.000cc, menjadi sinyal kuat KIA Mobil ikut bermain di LCGC. Menanggapi hal itu, KIA Mobil Indonesia mengaku belum bisa berbicara lebih banyak dengan alasan belum tiba pada waktunya.

Mereka berkilah diperlukan restu dari induknya di Korea Selatan untuk bisa terjun ke pasar mobil murah.

Muncul Bulan Depan

Jagoan mobil murah Nissan, yaitu Datsun akan melakukan debut World Premier di Gurgaon, India pada 15 Juli 2013. Model pertamanya adalah hatchback lima pintu (nama kode K2).

Model itu menggunakan platform yang sama dengan March atau Micra, termasuk mesin 1.2 liter bensin yang mampu menghasilkan tenaga 75 hp. Mereka sudah menggadang-gadang Datsun memiliki tingkat konsumsi BBM yang irit.

Di Indonesia, Datsun bakal masuk dalam program LCGC. Nissan Motor Indonesia rencananya akan memperlihatkan Datsun pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2013.

Mengenai harga, mobil murah Datsun nantinya dijual 400.000 rupee atau sekitar Rp75 juta. Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil.

Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasilan sekitar 30.000 rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan. (umi)

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya