Konvensi Demokrat, Majelis Tinggi Siapkan Aturan Main

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa.
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Mendekati Pemilu 2014, Partai Demokrat mulai mempersiapkan aturan main untuk menjaring bakal calon presiden lewat konvensi. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustofa, Sabtu 15 Juni 2013, aturan main itu akan ditentukan oleh majelis tinggi partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono serta Dewan Pimpinan Pusat.

"Calon (bakal calon presiden) belum. Kita lagi menyiapkan semua aturan mainnya, mekanisme, dan lainnya yang ditentukan majelis tinggi dan DPP," kata Saan di Gedung DPR, Jakarta.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Setelah ditentukan mekanismenya, kata Saan, maka partai akan membentuk komite etik untuk menyeleksi bakal capres dengan syarat-syarat tertentu. Menurut Saan, syarat itu penting dibuat agar tak semua orang bisa mendaftar sebagai bakal capres Demokrat."Nanti kalau tidak ada syaratnya, Eyang Subur bisa ikut," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie mengatakan, konvensi Partai Demokrat tertutup untuk tokoh-tokoh dari partai lain untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden. Menurut Marzuki, konvensi Demokrat hanya diperuntukkan untuk kader Demokrat dan non-partisan. "Itu (konvensi) kan untuk non-partisan," kata Marzuki.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Termasuk, kata dia, menutup kemungkinan mengusung besan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, SBY, Hatta Rajasa, sebagai calon presiden. "Nggak. Dia (Hatta) kan punya partai, yang lain kan ada partainya semua," ujarnya. (umi)

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024