Max: Ruhut Sitompul Berpotensi Jadi Ketua Komisi Hukum DPR

Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Fraksi Partai Demokrat sejak lama berencana merotasi anggota mereka di DPR. Belakangan Ruhut Sitompul disebut-sebut mendapat mandat dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan posisi Gede Pasek Suardika sebagai Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR.

“Hampir semua minta saya; Ketua Umum Demokrat Pak SBY, juga Ketua Harian Demokrat Syarif Hasan,” kata Ruhut, Selasa 11 Juni 2013.

Begini Suasana Salat Idul Fitri di Atas Kapal Merak-Bakauheni

Ruhut sendiri saat ini merupakan anggota Komisi III DPR. Menurutnya, penyegaran tak hanya akan terjadi di Komisi III, tapi juga komisi-komisi lain.

Secara terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua kepada VIVAnews mengatakan Ruhut memang punya potensi untuk memimpin Komisi III DPR. “Ruhut punya kredibilitas. Kesetiaannya pada partai juga sudah terlihat,” kata dia. Namun sampai saat ini Demokrat belum mengeluarkan keputusan soal itu.

“Tunggu saja. Bisa saja kalau memang kredibel, nanti disusul dengan keputusan resmi. Tapi ini belum sampai keputusan, baru wacana,” ujar Max. Menurutnya, wajar bila suatu fraksi melakukan penyegaran terhadap komposisi anggotanya di DPR melalui rotasi. “PKS saja berkali-kali rotasi,” kata dia.

Max membantah bila wacana pergantian Pasek dengan Ruhut terkait dengan upaya penggusuran seluruh loyalis Anas Urbaningrum dari jabatan-jabatan penting di DPR. Seperti diketahui, Pasek dikenal dekat dengan Anas. Saat Kongres Luar Biasa Demokrat digelar di Bali beberapa waktu lalu, Pasek yang asli Bali itu bahkan menyempatkan diri menemani Anas berjalan-jalan ke Pasar Guwang di Gianyar untuk membeli wayang Sengkuni dan kerajinan khas Bali lainnya.

Pasek duduk di Komisi III DPR juga disebut-sebut berkat penunjukan Anas yang ketika itu masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Namun, Max menampik Pasek bakal digeser karena faktor kedekatannya dengan Anas. “Ini bukan soal orang Anas atau tidak. Kalau ada yang lebih baik menjelang 2014, kenapa tidak diganti? Kan tidak harus menjabat sampai habis periode di DPR,” ujar Max. (kd)

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara
Ganjar Pranowo gelar open house di Sleman

Ratusan Warga Serbu Rumah Ganjar Pranowo saat Open House

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menggelar open house di kediamannya yang berada di Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Rabu 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024