Ini Kata Blue Bird Soal Harga BBM Bakal Naik

Taksi Blue Bird
Sumber :
  • Alfin Tofler/VIVAnews

VIVAnews - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi membuat dilema bagi kalangan pengusaha taksi, salah satunya Blue Bird Group. Kenaikan harga BBM subsidi akan membuat berbagai harga suku cadang kendaraan merangkak naik.

Komisaris Blue Bird Group, Bayu Priawan Djokosoetono, saat berbincang dengan VIVAnews di kantornya, menjelaskan bahwa setiap kali ada kenaikan harga BBM akan membuat jumlah penumpang taksi menjadi turun.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

"Walaupun recovery-nya tidak lama, tetapi cukup terasa bagi Blue Bird," katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Blue Bird memahami dan mendukung rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM subsidi. Namun, ia meminta pemerintah untuk memperhatikan efek domino dari kenaikan harga BBM. Semua harga suku cadang meningkat, tetapi di sisi lain pemerintah lama untuk memutuskan kenaikan tarif argometer taksi.

"Yang jadi masalah ketika BBM naik, tetapi tarif tidak diperkenankan naik. Padahal, biaya-biaya lain sudah naik duluan karena efek domino. Hal ini membuat berat manajemen taksi," kata Bayu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bayu mengungkapkan, manajemen Blue Bird akan melakukan efisiensi berbagai sisi agar tidak terlalu terpukul dengan kenaikan harga BBM dan dapat pulih dengan cepat.

Sementara itu, Blue Bird Group menargetkan seluruh unit taksi mewah tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium pada awal 2014 mendatang seiring dengan peremajaan armada.

Sedangkan untuk taksi Blue Bird, ia menyatakan masih tetap menggunakan Premium karena taksi merupakan transportasi umum. "Ketentuan pemerintah semua kendaraan pelat kuning diperbolehkan, sehingga kami tidak menyalahi aturan apapun," tuturnya. (asp)

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024