Mengintip Pesantren Tempat Putra Wiranto Berguru

Pesantren Darul Uloom Zakariyya, Afrika Selatan
Sumber :
  • Wikipedia

VIVAnews - Zainal Nur Rizky, putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, meninggal dunia di Johanesburg, Afrika Selatan, Rabu 29 Mei 2013. Dia menghadap Yang Kuasa saat sedang menuntut ilmu agama di Perguruan Tinggi Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Afrika Selatan.

Perguruan Tinggi ini adalah satu dari banyak tempat para pengikut Jamaah Tabligh memperdalam ilmu agama mereka, selain di India dan Pakistan. Pesantren modern dengan luas 9,7 hektar ini terletak di tengah bekas lahan pertanian yang sejuk di Lenasia.

Melansir dari darulfiqh.com, pesantren ini pertama kali didirikan pada tahun 1983. Nama Zakariyya diambil dari nama ulama Tabligh yang terkenal kala itu Sheikh Maulana Muhammad Zakariyya Kandhelwi. Sheikh Zakariyya mengunjungi Afrika Selatan pada tahun 1981 dan meminta doa dari para
pengikut Tabligh untuk mendoakan pembangunan Darul Uloom di negara itu.

Awal berdiri perguruan tinggi ini dipimpin oleh Qori Addul Hamid dari Panoli, India, tahun 1986. Tahun pertama, hanya ada 35 santri. Karena belum lengkapnya fasilitas, kala itu para santri belajar di bawah pohon dan tidur di sebuah rumah besar. Perkembangan perguruan ini sangat pesat, seiring bertambahnya pengikut Jamaah Tabligh di seluruh dunia.

Menurut data tahun 2011 lalu, ada sekitar 715 santri di perguruan tinggi ini. Hanya 300 yang berasal dari Afsel, sisanya dari 56 negara yang berbeda, termasuk Indonesia. Ada lima fakultas yang tersedia, yaitu Hifdhul-Qur'an (Menghafal Al-Qur'an), Aalimiyah (Studi Fikih dan Ilmu Islam), Tajwid dan Qira'aat (Ilmu al-quran, Qira’aah Sab’ah dan Asyarah), Ifta' (Spesialisasi
dalam Ilmu Fikih dan Penelitian Islam) serta Sastra Arab.

Sejak didirikan hingga 2011, perguruan tinggi ini telah melahirkan ribuan tahfidz (penghafal Al-Quran), 619 ulama, 137 qori.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Sekilas Mengenai Jamaah Tabligh

Jamaah Tabligh adalah salah satu organisasi keagamaan terbesar dengan anggota lebih dari 10 juta orang di 200 negara. Gerakan ini didirikan tahun 1926 oleh Muhammad Ilyas bin Muhammad Isma'il Al-Hanafi Ad-Diyubandi Al-Jisyti Al-Kandahlawi di Mewat, India.

Markas besar mereka terletak di daerah Nizhamuddin, Delhi, India. Markas kedua di Raywind, sebuah desa di Lahore, Pakistan. Markas ketiga di kota Dakka, Bangladesh. Misi mereka adalah menyebarkan dakwah Islam dan mengajak masyarakat mengamalkan ajaran Islam.

Ada enam asas dan landasan gerakan ini. Pertama, merealisasikan kalimat 'Laa Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah'. Kedua, Shalat dengan Penuh Kekhusyukan dan Rendah Diri. Ketiga, keilmuan yang Ditopang dengan Dzikir. Keempat, menghormati Setiap Muslim. Kelima, memperbaiki niat. Dan keenam, dakwah dan khuruj (keluar berdakwah) di jalan Allah.

Di Indonesia, gerakan ini bisa dikenali dengan surban dan gamisnya. Mereka biasa mengunjungi mesjid-mesjid di tanah air untuk berdakwah ketika khuruj (keluar berdakwah).

Khuruj versi jamaah Tabligh biasanya dilakukan selama empat bulan untuk seumur hidup, 40 hari pada tiap tahun, tiga hari setiap bulan, atau dua kali berkeliling pada tiap minggu. Yang pertama dengan menetap pada suatu daerah dan yang kedua dengan cara berpindah-pindah dari suatu daerah ke daerah yang lain.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024