Ini Langkah NASA untuk Tangkal Asteroid

Asteroid
Sumber :
  • nasa.gov
VIVAnews -
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ancaman asteroid dari luar angkasa merupakan salah satu perhatian pokok Badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Meski beberapa waktu lalu badan ini menyatakan cara terakhir menghentikan asteroid cukup dengan , NASA tetap mengupayakan skema pengembangan teknologi yang mampu menangkal batu ruang angkasa itu "mendarat" ke Bumi.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru


Dilansir
click2houston,
20 Mei 2013, Local 2 melaporkan teknologi masa depan apa yang dibicarakan NASA untuk tujuan itu.


"Saya tidak ingin membangun ini sebagai misi penyelamatan planet," kata Charlie Bolden, Administrator NASA dalam keterangannya.


Namun, ia berharap NASA bisa mendapatkan teknologi yang pada akhirnya bisa menjauhkan asteroid dari Bumi. "Jika perlu, kami akan membuat pesawat ruang angkasa bermanuver, untuk tetap mendorong asteroid ke titik orbit yang kita inginkan," tambah Bolden.


Dalam video konsep yang dipresentasikan, NASA memiliki skema mengembangkan sebuah modul raksasa yang akan menangkap dan mendorong asteroid agar keluar dari orbit Bumi.


Untuk mewujudkan teknologi itu, NASA mengambil sebagian dari anggaran yang diajukan sebesar US$17 miliar, setara Rp 165,75 triliun. Sementara itu, di Johnson Space Center NASA, saat ini sedang dikerjakan sebuah kapsul kru baru.


Sebagaimana diketahui, saat ini, Amerika Serikat bergantung pada Rusia untuk dari dan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pihak NASA menandatangani cek US$450 juta, atau Rp4,3 triliun, kepada Rusia untuk memperpanjang kontrak satu tahun. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya