Warga Batam Tak Bisa Lihat Gerhana Matahari

Gerhana matahari 21 Mei 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Issei Kato
VIVAnews
1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
- Fenomena alam gerhana matahari yang hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia, Jumat pagi 10 Mei 2013, tidak bisa dinikmati warga Batam, Kepri. Fenomena gerhana matahari ini tak bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam, Tri Agus mengatakan, fenomena gerhana matahari tidak terlihat di Batam karena matahari di Batam terbit sekitar pukul 05.45 WIB. Sedangkan gerhana matahari terjadi sekitar jam 05.54 WIB dan berakhir jam 6.11 WIB.
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini


"Batam tak dilintasi langsung gerhana matahari, tapi hanya bisa melihat saat fenomena alam langka itu akan berakhir, namun tetap tak bisa dilihat dengan mata telanjang," kata Tri Agus.


Menurut Agus, jika matahari di Batam terbit di atas waktu terjadinya gerhana matahari, maka masyarakat Batam bisa melihat langsung gerhana matahari dengan mata telanjang.


Selain merupakan fenomena langka, gerhana matahari yang terjadi hari ini tak banyak diketahui masyarakat Batam sehingga tak banyak yang menunggu untuk menyaksikan momen ini.


"Gerhana matahari? Saya tidak tahu kalau ada gerhana matahari pagi ini," kata warga Batam, Maulana.  (sj)


Laporan: Hendra Zaimi/ Batam
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya