Gerhana Matahari Total Lintasi Bali Sampai Papua

Gerhana matahari 21 Mei 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Tony Huang

VIVAnews – Gerhana matahari akan menyambangi Indonesia pagi ini, Jumat 10 Mei 2013. Khusus Pulau Jawa hanya mengalami gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari ini juga tampak di Jakarta. Bagi Anda yang sedang beraktivitas, berlibur, atau berangkat kerja menuju kantor, ada baiknya mengamati sejenak aktivitas alam yang tak selalu terjadi ini.

Profesor Riset Astronomika-Astrofisika yang juga Deputi di  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin dalam blognya mengatakan, Jakarta akan mengamati gerhana matahari ini kurang dari 34,6 persen sejak matahari terbit pukul 06.00 WIB, sampai gerhana berakhir pukul 06.25 WIB.

“Saat terbit, matahari tampak muncul seperti sebuah tanduk tebal. Sisi selatan piringan matahari tergelapi, kemudian bayangan gelap bulan bergerak ke arah timur,” kata Thomas menggambarkan penampakan gerhana berdasarkan analisis program astronomi Starry Night.

Anda yang tinggal di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi, Maluku, dan Papua lebih beruntung, karena dapat mengalami gerhana matahari total.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

“Papua bagian timur bisa menyaksikan gerhana lebih dari 60 persen. Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat mengalami gerhana 40-50 persen,” kata Thomas. (umi)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024