Putting Beliung Terjang Lumajang, 115 Rumah Rusak

Angin Puting Beliung Yang Menerjang Sidrap
Sumber :
  • BNPB/Sutopo
VIVAnews -
Perjalanan Karier Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Kasus Korupsi
Hujan deras yang disertai oleh angin puting beliung menerjang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin 6 Mei 2013, pukul 14.30 Wib.

Viral Inses Adik-Kakak, Bagaimana Hukum Nikah dengan Saudara Kandung? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Dalam pernyataan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dua kecamatan yang terkena puting beliung adalah Kecamatan Padang dan Kecamatan Gojalit. Kejadian hanya berlangsung sekitar 15 menit.
Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini


"Dampak yang ditimbulkan sekitar 115 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan," ujar Sutopo.


Di Kecamatan Padang terjadi di Desa Bodang, menyebabkan 65 rumah rusak, 1 SD Bodang rusak ringan, kantor Polsek rusak ringan dan kantor Dinas Tanaman Pangan juga rusak ringan. Sedangkan di Kecamatan Gojalit terdapat 50 rumah rusak ringan, 2 tiang listrik roboh sehingga listrik padam, dan beberapa pohon tumbang.


Sutopo mengatakan, BPBD Lumajang segera melakukan penanganan bencana bersama dinas terkait. Pendataan masih dilakukan. Mengingat kondisi gelap pada sore tadi maka penanganan akan dilanjutkan besok pagi.


"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dari ancaman puting beliung. Hingga saat ini belum ada sistem peringatan dini puting beliung. Sifatnya yang sesaat dan lokal menyebabkan sulitnya memprediksi puting beliung," ujar Sutopo lagi.


Puting beliung saat ini menjadi ancaman bencana yang makin meningkat. Pada tahun 2012, puting beliung adalah bencana terbanyak kejadiannya di Indonesia yaitu 31 persen dari 1.847 kejadian bencana. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya