Menlu Minta Isu OPM di Oxford Jangan Dibesar-besarkan

Menlu Marty Natalegawa
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri RI
VIVAnews -
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mengatakan isu pembukaan kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka (OPM) oleh Benny Wenda akhir April lalu, jangan terlalu dibesar-besarkan. Menurutnya, pemberitaan di dalam maupun di luar negeri secara tidak langsung justru akan dijadikan forum bagi Benny dalam menyuarakan perjuangannya.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

"Isu ini sebaiknya jangan terlalu dibesar-besarkan. Sebaliknya masalah pembukaan kantor OPM di Inggris perlu dilihat dalam konteks yang lebih luas," kata Marty di Kementerian Luar Negeri, Senin 6 Mei 2013.
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore


Menurut Marty kendati OPM berhasil membuka kantor perwakilan di Oxford, Inggris, bukan berarti negeri yang dipimpin Ratu Elizabeth II itu mendukung gerakan separatisme di Papua. Sebaliknya mereka sudah berulang kali menegaskan bahwa sikap pemerintah kota tidak mencerminkan kebijakan luar negeri Inggris.


Selain itu dukungan internasional terhadap kedaulatan Indonesia termasuk Papua semakin kuat. "Dalam beberapa tahun belakangan ini tidak ada satu pun negara di dunia yang mengungkit masalah Papua dalam konteks kedaulatan. Bahkan di forum internasional seperti sidang umum majelis PBB juga tidak pernah menyinggung masalah itu," kata Marty.


Kendati begitu, sesuai dengan instruksi Presiden SBY, Kemlu langsung menyampaikan protesnya kepada pemerintah Inggris. Protes disampaikan melalui Duta Besar Inggris di Jakarta dan Duta Besar Indonesia di kota London.


Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning, disebut Marty telah menyampaikan sikap pemerintah Inggris yang mengakui kedaulatan NKRI termasuk Papua di dalamnya. "Saya berharap pemerintah Inggris lalu mengambil langkah untuk mencerminkan pernyataan mereka itu," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya