Adaro: Pembebasan Lahan PLTU Terbesar di Asia Capai 80%

PT Adaro Energy Tbk
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Marah Iran Serang Israel, Uni Eropa Akan Jatuhi Sanksi Baru
- Pembebasan lahan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Batang, Jawa Tengah, sudah hampir selesai. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, Boy Garibaldi Thohir, di Jakarta, Kamis 2 Mei 2013.

Pendeta Gilbert Dilaporkan Dugaan Penistaan Agama, Gus Yahya: PBNU Enggak Ikut Campur

"Pembebasan tanahnya sudah 80 persen," ujar Boy.
Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun


Adaro adalah salah satu perusahaan konsorsium yang membangun pembangkit listrik tersebut. Selain Adaro, masih ada dua perusahaan energi yang turut serta dalam pembangunan itu, yaitu J-Power dan Itochu. Kedua perusahaan tersebut berasal dari Jepang.


Pembangunan PLTU ini sempat ditentang oleh warga yang tinggal di daerah itu. Karena pembangkit ini menggunakan batu bara dan bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Selain itu, PLTU ini dikabarkan akan dibangun di daerah konservasi laut yang berada di kawasan Batang.


Boy menjelaskan, proyek PLTU Batang ini menelan investasi US$4 miliar. Pembangunan PLTU di daerah Jawa Tengah ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik yang bisa disalurkan kepada masyarakat.


"Indonesia memerlukan listrik dan energi," kata Boy.


Pembangunan itu direncanakan rampung pada 2017. Apabila pembangkit listrik yang bersumber energi batu bara dan memiliki kapasitas 2 x 1.000 megawatt (MW) itu sudah selesai serta beroperasi, Boy mengklaim bahwa PLTU Batang akan menjadi pembangkit listrik terbesar di Asia.


"Kalau selesai, pembangkit listrik ini jadi PLTU terbesar di Asia di luar Jepang," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya