Semen Indonesia Klaim Tak Ada Buruhnya Ikut Demo

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2013 di HI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Hari ini, Rabu 1 Mei 2013, massa buruh dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia memilih turun ke jalan untuk memperingati May Day atau Hari Buruh Sedunia.
Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Namun, Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Soetjipto, saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, mengaku bahwa tidak mengetahui apakah para karyawannya turut meramaikan peringatan Hari Buruh Sedunia itu.
Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

"Saya pikir tidak ada --buruh Semen Indonesia yang ikut demo," kata dia.
Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

Dwi mengatakan, selama ini komunikasi antara perusahaan dan para karyawannya berjalan baik, dan tidak pernah terdengar bahwa ada buruh Semen Indonesia yang ikut menyuarakan aspirasinya. Apabila ada, tentu dia mendapat laporan dari para bawahannya. 

"Saya belum mendapat laporan dari teman-teman," ujar dia.

Hari ini, ratusan ribu buruh dari Jabodetabek, Karawang, dan Banten, tumpah ruah di Jakarta. Mereka memadati tiga lokasi, yaitu Bundaran HI, Istana Negara, dan Gedung DPR-RI.

Tuntutan mereka di antaranya penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik, upah murah, dan sistem outsourcing.

Menanggapi hal itu, Dwi mengaku tidak keberatan apabila ada unjuk rasa yang dilakukan para buruh untuk memperjuangkan hak-hak mereka. 

"Saya tidak ada masalah karena demonstrasi itu. Demonstrasi ada karena komunikasi yang tidak berjalan antara pengusaha dan karyawan. Selain itu, ini disebabkan kesejahteraan karyawan yang tidak memadai," kata dia. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya