Sabtu, 23 Agustus 2014
10:31 WIB
FOTO: 6 Tempat Terbaik Menikmati Matahari Terbit
Tiga diantaranya ada di Indonesia.
Pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo
Wuri Handayani, Marlina Irdayanti | Rabu, 1 Mei 2013, 09:32 WIB
VIVAlife - Menyusuri pantai di pagi hari sambil menikmati matahari terbit menjadi salah satu momen terbaik dalam perjalanan wisata Anda. Tapi tidak hanya pantai saja yang memiliki tampilan cantik ini. Matahari terbit dari puncak gunung atau tepi tebing juga tak kalah menakjubkan.

Berikut tempat-tempat terbaik dunia yang selalu menyuguhkan kesempurnaan matahari terbit, seperti dilansir situs perjalanan wisata Lovelyplanet. Tiga di antaranya ada di Indonesia.

Uluru, Australia

Anda bisa menikmati matahari terbit terbaik di Uluru National Park. Gradasi kilau matahari terselip di antara formasi bebatuan besar yang tersebar di cagar alam ini. Untuk mendapat pemandangan ini, Anda harus rela bangun lebih awal, sekitar pukul 04.00.

Menyaksikan transisi warna langit dari hitam ke ungu, lalu ke jingga. Cahanya kemerahan yang menerpa dan batu-batu merah di seluruh Uluru menambah keindahan tempat ini.

Gunung Batur, Bali

Bagi para petualang, mendaki Gunung Batur untuk melihat matahari terbit adalah sensasi tersendiri. Anda bisa memulai perjalanan dari Ubud dengan sebuah mobil ke Gunung Batur. Medannya mungkin akan membuat Anda terengah-engah, tetapi semuanya akan terobati dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan di seberang danau. 

Danau Inle, Myanmar

Menghabiskan malam di sebuah rumah panggung di Danau Inle hanya sebuah awal dari panorama pagi yang mengesankan. Anda bisa mendapati matahari terbit tanpa harus berjalan jauh. Cukup melangkahkan kaki dari kamar ke balkon. Latar belakang pegunungan menyempurnakan tampilan matahari terbit. Setelahnya, Anda bisa tidur kembali atau keluar untuk memancing.

Point Bryce Canyon, Amerika Serikat

Matahiari terbit di Point Bryce Canyon menawarkan pagi mengesankan. Yang unik adalah momen saat cahaya anggun dari matahari yang memayungi formasi bebatuan di sini. Pemandangan lain yang juga menarik adalah saat musim dingin, Anda bisa menyaksikan terpaan matahari tepat di atas puncak tebing bersalju.  

Gunung Bromo, Jawa Timur

Ada tempat khusus melihat matahari terbit di Gunung Bromo Jawa Timur. Anda bisa memulai perjalanan sejak tengah malam, agar bisa tiba di sana sebelum pukul 05.00. Cahaya matahari yang mulai menyapa bumi ini mampu menembus awan dan kabut tebal. Membuatnya tampak sempurna. 

Dieng, Jawa Tengah

Daratan Tinggi Dieng menjadi incaran wisatawan karena keindahan matahari terbitnya. Pemandangan pagi di Dieng memang unik dan hampit tidak dapat ditemui di tempat lain. Anda dapat melihat cincin perak dan emas yang melingkari matahari.

Pemandangan ini bisa dinikmati dari Gardu Pandang Dieng yang berjarak sekitar 4 km dari Dataran Tinggi Dieng. Atau dari Bukit Sinukir yang sekaligus meyuguhkan keindahan lima gunung di sekeliling Daratan Tinggi Dieng yang masih berselimut kabut. Seperti bersalju.

Foto selengkapnya lihat melalui galeri ini. 


© VIVA.co.id

SHARE
Halaman 1 2

BERITA TERKAIT
A A A
Kanal Lainnya