Ini Strategi Pengamanan May Day di Jakarta

Apel Operasi Lilin Jaya 2010
Sumber :
  • Foto: ANTARA/Basri Marzuki

VIVAnews - Polda Metro Jaya menerjunkan 21.000 personel untuk mengamankan unjuk rasa perayaan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2013.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, anggota akan disebar satu hari sebelum May Day. "Jumlah ini hanya kekuatan Polda Metro. Polisi dibantu TNI dan pemerintah daerah," kata Rikwanto.

Petugas akan mengawal peserta unjuk rasa dari titik berkumpul hingga lokasi demo. "Saya minta setiap koordinator lapangan bisa berkomunikasi. Ini agar mudah menjaga kondusivitas," ujarnya.

Dia mengatakan, pengamanan tidak hanya difokuskan di jalan-jalan umum, tapi juga di semua objek vital. Polisi juga menyiapkan pengamanan perusahaan dan pabrik di sekitar Jakarta.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

"Sepertinya kami akan melakukan penutupan di kawasan HI. Dari pemberitahuan yang masuk akan ada ratusan ribu buruh yang akan berkumpul di kawasan ini sebelum menuju gedung DPRD dan Istana Negara," ujarnya.

Polisi telah menyiapkan jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas. Ini dilakukan agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. "Saya minta para buruh memahami hak dan tanggung jawab. Kami tidak bisa mempersilakan demo. Kami juga tidak bisa larang demo. Tolong jangan terprovokasi dan anarkis," ucap dia. (umi)

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024