Polisi: Tiap Tahun Aksi Buruh Terus Bertambah

Demo buruh di Bundaran Hotel Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Polda Metro Jaya mencatat aksi demonstrasi buruh setiap tahun jumlahnya terus bertambah. Para buruh hampir selalu menuntut hal yang sama, perbaikan upah.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, menyebut pada tahun 2011 ada sekitar 900 aksi buruh. Pada 2012 jumlah ini meningkat hingga 1.050 aksi.

"Tahun ini diperediksi jumlahnya akan bertambah," kata Rikwanto usai diskusi "May Day, Momentum Peningkatan Kesejahteraan Kaum Buruh" di Gedung JMC, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat 26 April 2013.

Rikwanto berharap forum tripartit yang terdiri dari buruh, pengusaha, dan pemerintah bisa menemukan solusi. Menurutnya, masalah pengupahan dan kesejahteraan buruh sudah jelas diputuskan dewan pengupahan.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

"Polisi tidak anti demo. Polisi punya kewajiban menjaga para pendemo. Ini cuma harapan kalau jumlah demo makin sedikit dan energinya digunakan untuk hal produktif akan lebih baik," katanya.

Ia mencatat ada sekitar dua juta lebih buruh di Jakarta dan Tangerang. Mereka itulah yang nantinya berada paling depan saat perayaan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei mendatang. Polisi minta buruh menyampaikan aspirasinya dengan tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Saya tidak bisa melarang karena aksi dilindungi undang-undang. Tolong beritahu kami dan tertib. Karena ini juga amanat undang-undang. Mari hormati hak dan tanggung jawab masing masing," ujarnya. (eh)

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024