Dicari, 100 Arkeolog untuk Ekskavasi Gunung Padang

Tim Arkeologi Melakukan Ekskavasi di Gunung Padang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Tim Arkeologi Gunung Padang membutuhkan ratusan sukarelawan untuk melakukan ekskavasi situs megalitikum di Desa Campaka, Cianjur, Jawa Barat itu. Untuk itu, tim membuka pendaftaran relawan sampai 28 April 2013 ini.

"Ekskavasi Tampak luar Gunung Padang akan tetap dilanjutkan seperti rencana semula. Eskavasi yang melibatkan masyarakat ini akan dinamakan Ekskavasi Kemulian Merah Putih," kata Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam Andi Arief yang menginisiasi pembentukan tim riset Gunung Padang, Rabu 24 April 2013.

Andi Arief menjelaskan, peneliti tim terpadu riset mandiriĀ  telah mengidentifikasi kemungkinan yang terpendam di dalam tanah. Selama ini sudah dilakukan ekskavasi lokal yang dilakukan tim yang terdiri dari ketua tim, peneliti, asisten peneliti, tenaga lokal. Tenaga lokal bekerja dengan biaya yang ditanggung oleh tim.

"Karena tim tidak mampu membiayai tenaga lokal dalam jumlah besar--padahal situs yang akan diteliti luas sekali--maka dibuka sukarelawan yang bekerja secara sukarela. Jika tim punya dana yang besar, maka dapat merekrut tenaga lokal dalam jumlah yang banyak," kata Andi Arief.

Namun karena timĀ  tidak memiliki dana yang cukup besar, maka tim mengharapkan dukungan masyarakat untuk bersedia bekerja secara sukarela sebagai tenaga lokal/ pendamping. "Kami merencanakan ekskavasi yang akan membuka tampak luar situs ini membutuhkan 100 arkeolog," ujar Andi Arief. Untuk diketahui, hanya empat perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan arkeologi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana dan Universitas Hasanuddin.

Selain arkeolog, tim juga membutuhkan sukarelawan lain sampai 500 orang yang diharapkan dari TNI, Polri, budayawan, masyarakat lokal dan aktivis lingkungan hidup.

Andi Arief menjelaskan, pendaftaran dibuka dari 23-28 April 2013. Kemudian seleksi administasiĀ  relawan antara 28-30 April. 1 Mei pengumuman daftar relawan, 10 Mei pengarahan dan peresmian relawan Gunung Padang oleh Bupati Cianjur, 11-12 Mei pelaksanaan ekskavasi permukaan Gunung Padang dan 12 Mei penutupan ekskavasi.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui Ketua Tim Arkeologi Gunung Padang Dr. Ali Akbar di nomor telepon 0813-88439625 atau e-mail: aliakbarfromindonesia@yahoo.com.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Pendaftaran bisa juga melalui Kantor Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam di Jalan Veteran 3 no 1 Jakarta Pusat, melalui Sri Haryani (0813-81153496 atau e-mail sri.haryani.skp@gmail.com. Juga bisa melalui The Wisdom Institute di Newseum Jalan Veteran 1 No.33, Jakarta Pusat, telepon/ fax 021-39035-444 atau email ke rinducamar@gmail.com. (sj)

Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024