Pemerintah Dukung Penuh PT DI Kembangkan N-219

Pembuatan Pesawat di PT Dirgantara Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - PT Dirgantara Indonesia (DI) sedang mengembangkan prototipe pesawat N-219. Hal tersebut, sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarpulau di Indonesia, khususnya dengan menggunakan transportasi udara.
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Kantor Wakil Presiden, Selasa 23 April 2013, mengaku menyambut baik upaya PT DI tersebut.
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Pemerintah, menurutnya, mendukung penuh terwujudnya pengembangan pesawat produksi dalam negeri. "Memang dalam program, kita ingin kembangkan pesawat untuk 19 hingga 20-an siter (tempat duduk) untuk hubungkan pulau-pulau," ujar Hatta.
Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Hatta mengungkapkan, dari sisi ekonomi, pengembangan pesawat N-219 memiliki masa depan yang cerah di Indonesia. Pesawat dengan kapasitas penumpang 19 penumpang atau berkapasitas kecil tersebut, sangat dibutuhkan di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. "Market-nya sangat bagus sekali," jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengungkapkan, pemerintah akan terus mendorong perkembangan produksi pesawat tersebut, sehingga nantinya produksi dalam negeri dapat menjadi tuan rumah pasar di Indonesia.

"Kita ingin kembangkan produk nasional dengan desain anak-anak PT DI, di bawah Kementerian Perindustrian dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang terlibat di dalam risetnya," tutur Hatta.  (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya