Pesan Mahfud MD ke Ketua MK Baru

Arief Hidayat Gantikan Peran Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung
– Hakim Konstitusi Akil Mochtar resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Mahfud MD, Rabu 3 April 2013. Akil akan diambil sumpahnya sebagai Ketua MK yang baru pada hari Jumat, 5 April 2013.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Usai pemilihan ketua MK, mantan hakim konstitusi Mahfud MD langsung menemui Akil dan mengucapkan selamat. “Beliau bilang selamat menerima beban,” kata Akil. Sebelumnya Mahfud juga berpesan agar MK menjaga independensinya. “Jangan mau ditekan oleh kekuatan apapun, termasuk bila ditekan anggarannya mau dipotong atau tidak dipilih lagi sebagai hakim konstitusi,” ujarnya
Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI


Akil mengatakan, proses pemilihan Ketua MK berjalan sangat demokratis tanpa ada lobi. “Semua terserah kepada hakim. Maka sebagai lembaga negara yang bertugas menegakkan hukum dan keadilan, MK telah berhasil memilih pimpinannya,” kata dia.


Dalam sambutan pertamanya, Akil berjanji akan membawa MK menjadi lebih baik. Ia berharap ke depannya MK dapat memenuhi harapan masyarakat. “MK harus menunjukkan kinerja yang baik dan memberikan hak masyarakat yang dijamin dalam UUD 1945,” ujarnya.


Mengenai citra MK yang lekat dengan Mahfud MD, Akil mengatakan bahwa MK bukan hanya lembaga milik Ketua MK. “Persoalannya bukan membanding-bandingkan. Tugas dan wewenang MK menurut UUD 1945 itu tetap, tinggal gaya kepemimpinannya. MK itu bukan
one man one show
. MK adalah seluruh hakim. Produknya adalah putusan,” kata dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya