Selasa, 2 September 2014
13:47 WIB
Ini Dia Tips Menjaga Kebersihan Rambut
Punya masalah dengan rambut, ini solusinya.
Rambut
Beno Junianto, Tasya Paramitha | Rabu, 27 Maret 2013, 07:58 WIB

VIVAlife - Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Setiap jenis rambut memiliki masalah-masalah yang berbeda pula. Banyak wanita yang terlalu fokus dengan berbagai cara mengatasi masalah-masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, kering atau pecah-pecah padahal kunci dari segala permasalahan tersebut adalah dengan menjaga rambut agar tetap bersih.

Untuk itu, seperti dilansir dari Boldsky berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan demi rambut yang bersih dan sehat:

Keramas

Hal ini adalah hal terpenting dalam upaya menjaga rambut tetap bersih dan sehat. Rutin mencuci rambut memijat kulit kepala dapat menyelesaikan banyak masalah rambut. Namun, penting bagi Anda untuk memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Kondisioner

Mengeringkan rambut dengan hairdryer, mengecat, meluruskan rambut atau menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Untuk itu, selalu gunakan kondisioner untuk mengembalikan kelembaban dan melindungi rambut dari kerusakan akibat hal-hal di atas.

Bersihkan kulit kepala

Memijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat membantu menjaga kulit kepala tetap bersih. Memijat kulit kepala juga dapat mengusir ketombe dan kotoran-kotoran yang menumpuk. Minyak dapat berguna sebagai pelembab yang dapat melindungi rambut agar tidak kasar dan kering.

Cuci setelah mengaplikasikan minyak

Minyak memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi rambut. Namun, minyak berlebih juga dapat membuat rambut terlihat lepek dan membuat kotoran lebih mudah menempel serta menyebabkan ketombe. Untuk itu, saat merawat rambut dengan minyak, selalu cuci dan bilas hingga benar-benar bersih.

Bersihkan aksesoris dan alat penata rambut

Cuci atau bersihkan aksesoris dan alat penata rambut Anda secara rutin untuk menjaga kesehatan rambut. Sisir adalah alat yang paling sering Anda gunakan sehingga penting untuk menjaga kebersihannya. Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan sisir yang sama dengan orang lain.

Hindari produk perawatan rambut yang kadaluarsa

Komposisi produk perawatan rambut dapat berubah seiring berjalannya waktu, sehingga saat digunakan dapat merusak rambut. Untuk menjaga rambut tetap bersih dan sehat, selalu gunakan produk perawatan rambut berkualitas dan memastikannya belum kadaluarsa.

Atasi ketombe

Penyebab utama ketombe adalah kondisi rambut yang kotor dan tidak membilas rambut dengan bersih setelah keramas. Ketombe adalah masalah kulit kepala yang harus segera ditangani. Jika penggunaan sampo anti ketombe atau bahan-bahan alami lainnya tidak juga berhasil mengatasi ketombe, segera konsultasikan ke dokter.

Cuci saat berkeringat

Mencuci rambut saat berkeringat sangat lah penting karena membuang kotoran dan kulit mati yang menumpuk saat berkeringat. Keringat juga dapat membuat rambut menjadi beraroma tidak sehat. Selalu jaga kondisi rambut agar tetap bersih agar terhindar dari masalah-masalah rambut seperti rontok dan gatal pada kulit kepala.

Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Debu dan kotoran lebih mudah menempel pada rambut yang digerai. Namun, mengikat rambut dapat membuat kulit kepala berkeringat lebih banyak dan jika Anda mengikatnya terlalu kencang merusak rambut juga membuatnya tidak mampu bernafas dengan baik.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya