Trik Mengatasi Rem Blong Saat Mobil Melaju

Mobil Sport Dahlan Iskan Ringsek
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVAnews - Seringkali kecelakaan terjadi karena mobil bemasalah, seperti rem yang tidak berfungsi baik atau rem blong. Proving Ground Manager Bridgestone, Zulpata Zainal, menyarankan pengemudi agar tetap besikap tenang dan tidak panik jika terjadi permasalahan rem tidak pakem saat mobil melaju di jalanan.

Menurut Zulpata, ada trik yang bisa digunakan untuk menghentikan laju mobil saat menyadari masalah itu.

"Kalau rem blong saat melaju, mesin langsung dimatikan lalu gigi masuk ke transmisi rendah, satu atau dua," ujar Zulpata kepada VIVAnews, Minggu 24 Maret 2013.

Kebanyakan kecelakaan fatal yang terjadi akibat rem blong, lanjut Zulpata, adalah pengemudi langsung panik dan tak menyadari bahwa mobil memiliki engine break.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Zulpata amat menyayangkan cara mematikan mesin dan memasukan transmisi ke gigi rendah saat terjadi rem blong itu tidak banyak dimengerti atau diterapkan oleh para pengemudi.

"Coba hal itu diterapkan, jika tidak bisa direm, langsung matikan mesin saja," ucapnya.

Meski telah mengetahui salah satu trik masalah pada pengereman, Zulpata tetap menyarankan para pengendara agar sebelum bepergian jauh membiasakan untuk mengecek kondisi mobilnya dengan melakukan service ringan maupun berat pada bengkel yang sesuai anjuran dealer.

Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024