Kamis, 17 April 2014
17:05 WIB
TNI AU Latih Siswa Tanggap Bencana
Mereka dilatih selama satu minggu mulai tanggal 7-15 Maret 2009.
Like
Amril Amarullah | Kamis, 12 Maret 2009, 13:08 WIB

VIVAnews - Siswa Madrasah Aliyah Pondok Modern Gontor Ponorogo, mendapat bekal kemampuan bidang SAR (Search and Rescue) dari para instruktur dan pelatih dari Batalyin 463 Paskhas Lanud Iswahjudi, Jawa Timur (TNI AU), Kamis 12 Maret 2009.

Mereka dilatih selama satu minggu mulai tanggal 7-15 Maret 2009. Para santeri yang berjumlah 65 orang tersebut selama melaksanakan pelatihan dasar SAR, dengan materi latihan teori dan praktek. 

Pelatihan tersebut meliputi PPGD (pertolongan pertama gawat darurat), evakuasi, teknik pencarian, IMPK (ilmu medan, peta dan kompas), rapling dan mountainering, KSPT (kerja sama dengan pesawat terbang), bivak, survival, wawasan dirgantara dan wisata dirgantara. 

Seperti yang dilansir tni.mil.id, sejumlah materi tersebut harus dikuasai secara teori maupun praktek, mengingat para santri tersebut termasuk saka dirgantara, yang tidak menutup kemungkinan mereka akan terlibat langsung dalam kegiatan SAR. 

Waktu yang relatif singkat selama tujuh hari itu akan dimanfaatkan semaksimal mungkin, yaitu lima hari belajar di basis dan dua hari praktek lapangan, memanfaatkan medan sekitar telaga Sarangan, untuk mempraktekkan SAR darat dan SAR air. 

Selama pelatihan para santri tersebut didampingi lima pembina dari pondok dan sejumlah pelatih dan instruktur dari Batalyon 463 Paskhas yang diketuai oleh Kapten Psk Fajar Ardi Kriswanto, yang sehari-harinya menjabat sebagai Perwira seksi Operasi.

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya