Alasan Survei Publica Melalui Telepon

Survey Belanja Masyarakat di Bulan Puasa
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari
VIVAnews
Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy
- Lembaga Survei Publica Research & Consulting merilis hasil survei perdana mereka ke publik, Rabu 20 Maret 2013. Tak sama dengan lembaga-lembaga survei lain yang menggunakan metode wawancara tatap muka langsung, Publica justru memilih wawancara lewat telepon rumah. Mengapa?

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

"Alasan utama kebetulan adalah pembiayaan. Survei face to face dengan seribu responden sangat mahal biayanya," kata Direktur Riset Publica, Rahadi T Wiratma dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.
Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan


Rahadi mengaku sempat memilah-milah metode sebelum memutuskan metode yang dia pakai saat ini. Oleh karena pangsa responden yang menjadi target adalah kelompok atau kelas menengah di masyarakat, maka Rahadi menilai metode telepon masih menjangkau.


"Kami mengambil survei kelas menengah tentu bisa dilakukan by phone," ujarnya.


Rahadi mengatakan bahwa pihaknya tidak bermaksud mewakili pendapat seluruh masyarakat Indonesia. Namun demikian, dia memastikan survei ini mewakili pendapat kalangan menengah khususnya yang berada di perkotaan.


"Sebagai kemutlakan tidak bisa dijadikan ukuran. Tapi ini setidaknya merupakan tren dan cukup mewakili suara kelas menengah," katanya.


Seperti diketahui, Publica Research & Consulting mengadakan survei terhadap 1.300 orang di 33 ibukota provinsi di Indonesia dari 18 sampai dengan 21 Februari 2013. Metode yang digunakan adalah melalui wawancara telepon.


Data mendasarkan pada buku telepon yang diterbitkan oleh PT Telkom. Pemilihan nomor telepon rumah tangga ditentukan secara acak sistematik, dan penentuan responden dilakukan secara acak murni. Sementara itu, margin of error dari survei ini sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya