Pembebasan Lahan Tol Pasir Soreang-Pasir Koja Rampung 2014

Kecelakaan di jalur rawan Cipularang
Sumber :
  • GREAT
VIVAnews -
Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO
Pemerintah pada 2013 mengalokasikan anggaran sebesar Rp53,6 miliar untuk pembebasan lahan ruas tol Pasir Soreang-Pasir Koja (Soroja).

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Achmad Gani Ghazali, mengatakan, pembebasan lahan itu sebetulnya tidak ditargetkan untuk bisa cepat diselesaikan. Sebab, jalan tol ini bukan termasuk jalan tol yang menjadi prioritas seperti rangkaian tol Trans Jawa.
3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru


"Paling tidak, target pembebasan lahannya diperkirakan rampung tahun 2014," kata Gani kepada
VIVAnews
, di Jakarta, Jumat 8 Maret 2013.


Walaupun demikian, Gani menambahkan, semakin cepat pembebasan lahan untuk ruas tol sepanjang 8,7 kilometer ini, akan semakin baik. Sebab, pihaknya bisa segera melakukan proses lelang.


Untuk pembebasan tanahnya, jalan tol ini, menurut dia, sudah bisa menggunakan undang-undang terbaru. "Tol ini cukup penting karena sudah cukup macet wilayah itu akibat banyaknya kawasan industri dan angkutan umum," katanya.


Tol Soroja sendiri merupakan ruas tol yang akan menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Tol ini dirancang terhubung dengan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).


Jalur yang akan dilalui tol ini nantinya adalah Desa Kopo, Desa Gajah Mekar, dan Desa Cigondewah Kidul. Nilai investasinya diperkirakan mencapai Rp1,89 triliun.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya