14 Desainer Batik Gelar Karya "Pesona Kain Nusantara"

Pameran busana karya desainer batik Indonesia.
Sumber :
  • Arie Dwibudiawati/VIVAnews.
VIVAnews
Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi
- Lembaga Layanan Pemasaran dan UKM menggelar pameran busana karya para desainer batik Indonesia bertajuk "Pesona Kain Nusantara" di Gedung SME Tower, Jakarta.

Wow! Siomay Indonesia Dinobatkan Jadi Dumpling Terenak Pertama di Dunia

Pihak penyelenggara dalam keterangan tertulisnya kepada
98.432 Pemudik Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen
VIVAnews , Kamis 7 Maret 2013, menjelaskan, pemilihan tema ini berdasarkan pada pengamatan terhadap pasar. Pada 2012, kelompok usaha kecil menengah (UKM) produsen batik dan perlengkapan mendominasi omzet penjualan sebesar 56,53 persen.


Kain nusantara menjadi pilihan topik, karena merepresentasikan kekayaan intelektual Indonesia dalam sudut pandang kesukuan, alur corak dalam motifnya, dan bercerita tentang kearifan lokal.


Empat belas desainer batik turut berpartisipasi dalam acara ini. Di antaranya adalah Endi, pemilik Nila Kandi, yang mendesain batik Bali. Ada juga Danny yang mendesain batik corak Jawa Barat serta Rini Suwardi yang mendesain batik Madura.


Dalam acara ini juga diresmikan UKM Corner oleh Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan. Peresmian UKM Corner ini bertujuan untuk meningkatkan produk pelaku UKM serta mempermudah mereka dalam mendistribusikan produknya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya