Kualifikasi I SEA Games Cabang Equestrian Digelar di Parongpong

Anto Budiarto
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka
VIVAnews
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
- Federasi Equestrian Indoonesia (EFI) akan menggelar kualifikasi SEA Games 2013 yang pertama. Agenda ini dijadwalkan berlangsung di Parompong, Lembang, Jawa Barat, pada 9 sampai 12 Maret 2013. Koordinator olahraga dan pertandingan EFI, Prasetiono Sumiskum meminta dukungan penuh pemerintah.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Hasil pertemuan dengan Menpora sangat menggembirakan. Dia bersedia hadir dalam acara pembukaan nanti," kata Prasetiono dalam jumpa pers di kantor Menpora, Selasa 5 Maret 2013.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya


Setelah menggelar kualifikasi pelatnas pertama di Lembang, EFI akan mengirimkan 6 atlet, 4 pelatih, dan 1 manajer guna mengikuti
Pre Test Trial
SEA Games."Myanmar mengundang seluruh negara peserta SEA Games untuk melakukan
test event
sekaligus meresmikan
training center
di Naypyidaw yang akan menjadi salah satu venue SEA Games," ujar Prasetiono.


Cabang berkuda di SEA Games Myanmar  berbeda di banding SEA Games sebelumnya. Pasalnya, setiap tim negara peserta tidak diizinkan membawa kuda karena protokol karantina kuda di Myanmar belum diakui secara internasional. Ini membuat atlet Indonesia harus bisa beradaptasi dengan kuda yang disediakan tuan rumah.


Sesuai aturan internasional, setiap atlet diberikan waktu selama 30 menit untuk beradaptasi dengan kuda sebelum tampil."Atlet yang kami kirimkan nanti sudah memiliki kemampuan untuk mengenal kuda dengan cepat. Mereka spesialis berganti-ganti Kuda dan punya feeling kuat menangani Kuda dalam waktu singkat," jelas Prasetiono kepada wartawan.


EFI akan mengirimkan Anto Budiarto, Andry Prastyono, Aji Syahindra, Alvaro Menayang, dan Otto Setiawan ke  trial SEA Games di Myanmar. Otto atlet senior. Dia akan turun di nomor endurance. "Otto atlet yang kebutuhannya melebihi SEA Games. Jika SEA Games membutuhkan endurance 80km, Otto sudah mencapai 120km," beber Prasetiono.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya