Kamis, 23 Oktober 2014
05:19 WIB
Cara Mudah Kredit Mobil, Tak Nunggak Cicilan
Jangan sampai pendapatan Anda justru habis untuk membayar cicilan.
Bursa mobil bekas
Sandy Adam Mahaputra | Selasa, 26 Februari 2013, 17:19 WIB
VIVAnews - Minimnya fasilitas angkutan umum membuat kalangan masyarakat menengah lebih memilih menggunakan mobil pribadi.

Meski begitu, hampir sebagian besar dari mereka tidak membeli secara tunai, melainkan kredit. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih kredit mobil, ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting.

Pertama, yang harus diperhatikan adalah pemilihan sarana kredit. Seperti diketahui, ada dua macam lembaga yang menyediakan sarana perkreditan, yaitu perbankan dan lembaga pembiayaan.

Pembiayaan melalui institusi perbankan akan lebih berhati–hati dalam mengucurkan dana untuk kredit kepemilikan mobil. Namun, akhir–akhir ini beberapa bank sudah mulai menawarkan kredit kepemilikan mobil yang cukup mudah.

Pembiayaan melalui payment agent biasanya terkait langsung dengan perusahaan otomotif, baik sebagai agen tunggal, pemegang merek, atau dealer.

Selain memperhatikan sarana pembiayaan, Anda juga perlu memperhatikan jenis mobil yang akan dibeli. Anda wajib memilih mobil yang memang benar–benar dibutuhkan. Lihat dari segi manfaat atau kebutuhan, jangan hanya karena alasan gengsi kemudian Anda membeli mobil.

Banyak pilihan dalam memilih kredit mobil yang tepat. Anda bisa memilih mobil baru di dealer terdekat atau mobil bekas di bursa mobil.

Memilih mobil bekas di bursa mobil sebenarnya cukup berisiko. Anda harus memiliki pengetahuan otomotif yang lebih dalam, lantaran terdapat banyak sekali pilihan yang harus dipertimbangkan.

Tampilan luar saja tidak cukup untuk meyakinkan kondisi mobil. Periksa juga mesin, kondisi interior, dan juga spare part yang digunakan mobil itu.

Anda juga perlu mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan prosedur kredit. Mulai dari uang muka dan besarnya angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.

Bagi sebagian penyalur kredit, besaran uang muka akan menunjukkan keseriusan dalam mengambil kredit. Karenanya, Anda perlu menyalurkan uang muka yang besar agar dianggap serius oleh bank.

Dalam memilih angsuran, sebaiknya mengeluarkan tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan Anda per bulan. Jangan sampai pendapatan per bulan justru habis hanya untuk membayar cicilan mobil.

Terakhir, Anda juga perlu memperhatikan proses pengajuan kredit, suku bunga yang terbaik, dan asuransi yang dibutuhkan. (art)

Sumber: Toyota.co.id

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya