Seberapa Laris Kijang Innova

Grand New Kijang Innova
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews
Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS
- Toyota Kijang Innova tetap memperlihatkan performa baik di tengah ketatnya kompetisi segmen
multi purpose vehicle
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun
(MPV). Mobil tujuh penumpang ini terjual 7.383 unit atau menguasai pangsa pasar 83,6 persen pada Januari 2013.
TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres
 
Pencapaian itu tumbuh sekitar 57,9 persen dibandingkan Desember 2012 sebanyak 4.676 unit. Adapun dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2012, penjualan Toyota Kijang Innova tumbuh sekitar 15 persen.


Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, menyebutkan, masih tingginya permintaan terhadap Toyota Kijang Innova membuktikan mobil ini masih tetap dipercaya sebagai kendaraan andalan keluarga Indonesia.


"Sejak awal, Toyota Kijang diciptakan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia," kata Joko dalam keterangan tertulis, hari ini.


Sementara itu, Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menambahkan, Toyota melewati bulan pertama 2013 dengan mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dengan membukukan total penjualan 35.923 unit atau menguasai pangsa pasar 37,1 persen.


Pencapaian tersebut, menurut Johnny, melebihi target yang ditetapkan Toyota sebesar 36 persen. Keberhasilan Kijang Innova pada bulan lalu, memberikan kontribusi besar penjualan segmen MPV Toyota secara keseluruhan. Di segmen ini, Toyota mempertahankan dominasinya dengan total penjualan 25.141 unit atau dengan pangsa pasar 53,5 persen.


Dominasi Toyota juga terlihat dari penjualan mobil penumpang lainnya, di mana segmen sedan membukukan total penjualan 983 unit atau dengan pangsa pasar 50 persen. Segmen SUV membukukan total penjualan 4.820 unit dengan pangsa pasar 44,6 persen, serta segmen 4x4 membukukan total penjualan 108 unit dengan pangsa pasar 51,7 persen.


Tapi, sayang, Toyota belum berhasil menempati posisi sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan komersial. Di segmen
pickup
, pangsa pasar Januari 2013 hanya tumbuh menjadi 5,8 persen dibandingkan Januari 2012 sebesar 3,5 persen.


Segmen
commercial van
dengan Toyota HiAce yang baru diluncurkan sejak September 2012, cuma mampu meraih pangsa pasar sebesar 18,2 persen pada Januari 2013. Adapun segmen kendaraan komersial 2 ton menguasai pangsa pasar 23,3 persen pada bulan lalu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya