Pemisahan Bumi dari Bumi Plc Ditargetkan Rampung Mei 2013

Aktivitas tambang batu bara
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - Penyelesaian transaksi pemisahan kepemilikan saham tidak langsung Grup Bakrie di Bumi Plc ditargetkan rampung tiga bulan mendatang. Melalui transaksi itu, PT Bumi Resources Tbk akan lepas dari Bumi Plc.

Direktur Independen Bumi Plc, Amir Sambodo, mengatakan, rencana pemisahan itu masih akan dimintakan persetujuan pemegang saham perseroan. "Pemisahan akan dilakukan Mei 2013," kata Amir dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews, Jumat 22 Februari 2013.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Sebelumnya, dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Bumi Plc yang digelar di London, Inggris, Kamis siang 21 Februari 2013 waktu setempat, mayoritas pemegang saham menolak usulan perombakan direksi. Usulan itu diajukan Forest Nominees atas nama NR Investment Limited, perusahaan investasi milik Nathaniel Rothschild.

Mengacu keputusan rapat umum tersebut, Dewan Direksi Bumi Plc selanjutnya akan memprioritaskan untuk melaksanakan pemisahan Grup Bakrie dan Bumi Resources dari Bumi Plc.

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik

Amir juga membenarkan skema pemisahan akan mengacu Heads of Terms Agreement yang sudah ditandatangani pada 12 Februari lalu, terkait proposal pemisahan Grup Bakrie dan Bumi Resources dari Bumi Plc.

Dalam syarat-syarat perjanjian itu di antaranya disebutkan bahwa Bumi Plc dapat mendivestasikan seluruh kepemilikan sahamnya di Bumi Resources dan memisahkan Grup Bakrie dari perseroan. Terkait rencana transaksi pemisahan itu, Grup Bakrie diwajibkan untuk memberikan deposit US$50 juta.

Dalam Heads of Terms Agreement itu disebutkan, Grup Bakrie akan melepaskan kepemilikan tidak langsung sebanyak 57.298.534 saham di Bumi Plc, atau setara 23,8 persen dari total modal ditempatkan di Bumi Plc.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Kepemilikan saham itu akan ditukar dengan saham Bumi Resources yang dimiliki Bumi Plc sebanyak 2.316.967.115 atau setara 10,3 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan di Bumi Resources.

Selanjutnya, Bumi Plc akan menjual kepada Grup Bakrie sisa saham Bumi Resources sebanyak 3.924.732.522 yang dimiliki Bumi Plc. Jumlah saham itu setara 18,9 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan di Bumi Resources. Nilai penjualan saham itu sebesar US$278 juta dan akan dibayar tunai.

Dalam perjanjian itu, Grup Bakrie diminta untuk menempatkan dana US$278 juta itu dalam escrow account selambat-lambatnya pada 15 Februari lalu. Transaksi itu masih harus mendapatkan persetujuan pemegang saham Bumi Plc. (eh)

VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kepada tongkat komandan itu diserahkan?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024