Kupas Proton Exora Prime: Makin Mewah dan 'Galak'

Proton Exora Prime
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Exora menjadi 'senjata' Proton untuk bisa bersaing dengan produsen Jepang, Eropa, dan Korea di pasar mobil Indonesia. MPV (Multi Purpose Vehicle) ini memang model paling laris Proton di Tanah Air.

Untuk memberikan persaingan yang lebih ketat lagi dan tentunya mendongkrak penjualan, Proton Edar Indonesia (PEI) melansir Proton Exora generasi terbaru (Prime).

Produsen asal negeri Jiran, Malaysia itu menegaskan terjadi peremajaan eksterior dan interior serta yang paling besar penggunaan mesin baru. Tapi apakah lebih baik dari Exora sebelumnya?

Untuk membuktikannya, VIVAnews diberi kesempatan menjajal langsung Exora Prime yang dibanderol Rp258 juta (on the road).

Perubahan mencolok ketika masuk ke dalam kabin. Exora kini lebih mewah dengan balutan kulit di seluruh bangku dan lingkar kemudi. Bangku yang mengusung two tone juga empuk dan ergonomis untuk dapat menopang tubuh.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Posisi tuas wiper dan sein yang terbalik seperti mobil Eropa dan Amerika membuat Anda agak sedikit kikuk, terutama bagi yang sering menggunakan mobil Jepang.

Masih seperti Exora tipe tertinggi generasi sebelumnya, tersedia monitor head unit yang mampu menampilkan sistem hiburan (DVD, MP3, Radio, terkoneksi USB), kemudian beragam informasi navigasi serta kondisi bagian belakang mobil ketika tuas perseneling di pindahkan ke posisi R.

Sebagai kendaraan tujuh penumpang, konfigurasi tiga baris tempat duduk Proton Prime cukup nyaman dan lapang. Untuk perjalanan jarak jauh, penumpang di baris kedua dan ketiga tak perlu menekuk kaki secara berlebihan karena tersedia leg room yang cukup luas.

Masing-masing bangku dilengkapi arm rest, sehingga tangan tak lagi ‘menggantung'. Demikian pula pada bangku depan. Bangku baris kedua juga mengadopsi captain seat.

Penumpang di baris kedua dan ketiga juga sudah dibekali dengan AC double blower. Ditambah lagi hadirnya dua monitor di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, yang membuat Exora ini makin lengkap sebagai mobil keluarga.

Sama seperti model lawasnya, Prime dilengkapi fitur standar seperti sistem jok depan dengan penyetel ketinggian kaki, kemudi power steering dan power window, serta spion elektrik. Sementara untuk menunjang keamanannya, dibekali dual airbag, serta rem ABS yang sudah dilengkapi dengan EBD.

Perfoma


Setelah puas merasakan kabin, rasa penasaran kembali muncul ingin menjajal performa dapur pacu baru yang bernama CFE (Charged Fuel Effiency) dengan turbocharger.

Hadirnya turbo diklaim mereka dapat membuat Exora lebih menggigit alias responsif. Maklum, generasi sebelumnya yang juga pernah dites oleh VIVAnews, tarikan bawahnya kurang mumpuni.

Pedal gas ternyata harus ditekan cukup dalam untuk menggerakan mobil, padahal sudah dilengkapi turbo. Tapi tenaga di putaran bawah tidak lagi terasa berat dan lebih galak.

Harus menginjak pedal gas cukup dalam boleh karena transmisi kini bersistem CVT. Di balik kehalusannya, CVT diketahui menyimpan beberapa kekurangan. Seperti pedal gas harus diinjak agak dalam dan suara yang agak berisik.

Meski begitu, pada putaran bawah sampai menengah, cukup mengesankan. Torsi sebesar 205 Nm sudah bisa dirasakan sejak putaran mesin 2.000 rpm. Sementara tenaga puncak 138 dk akan diraih ketika mesin berputar 5.000 rpm.

Soal handling, mobil ini terbilang mantap. Buktinya, pengendalian kemudi yang ringan dan tidak ada gejala limbung saat melibas tikungan dengan kecepatan sedang atau tinggi.

Handling yang cukup baik tersebut berkat disematkannya teknologi yang telah dikembangkan Proton, yakni Proton Ride & Handling (Proton R&H).

Saat melewati kontur jalan bergelombang, ayunan suspensi cukup baik. Bagian belakang juga tidak lagi terasa sangat keras.

Konsumsi BBM


Dengan perpaduan antara CVT dengan mesin turbo, pihak Proton mengharapkan terjadi efisiensi. Hal itu benar terjadi, sebab konsumsi bahan bakar tak terlalu jauh berbeda namun terjadi peningkatan di akselerasi.

Mobil ini meminum bensin 1 liter untuk jarak 12,1 untuk pemakaian di dalam kota, kombinasi macet dan ramai lancar.

Spesifikasi


Exora Prime miliki dimensi panjang 4592 mm, lebar 1809 mmm tinggi 1691 mm, wheelbass 2730 mm, dan radius putar 5,4 m. Mobil ini dibekali mesin CFE 1600 cc turbo, tenaga maksimum 138 dk/5000 rpm, dan torsi 205 Nm/2000 rpm.

Untuk suspensi depan dan belakang mengandalkan MacPherson dan Torsi beam, sedangkan rem depan dan belakang menggunakan cakram dan teromol. Kaki-kakinya dilengkapi lingkar roda 16 inci.

Interior Exora Prime

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Interior Exora Prime

Interior Exora Prime

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024