Skandal Daging Kuda, Uni Eropa Lakukan Tes DNA

Daging kuda yang dijual di sebuah toko daging di Eropa
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard
VIVAnews
Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama
- Eropa tengah dilanda skandal daging kuda. Produk daging sapi yang beredar di masyarakat diganti dengan daging kuda. Karena skandal ini, Uni Eropa pun memutuskan untuk mulai menguji DNA kuda dalam makanan olahan daging sapi.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Seperti diberitakan laman
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan
zeenews , tes ini dilakukan untuk menentukan apakah makanan olahan ini mengandung obat fenilbutazon--salah satu obat keras yang hanya dikeluarkan dengan resep dokter untuk mengobati kuda dan dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia.


Dalam keputusan yang diambil di Brussel, Belgia, otoritas keamanan makanan akan menguji sekitar 2.250 produk daging sapi hingga akhir Maret 2013. Pengujian ini melibatkan 10 hingga 150 tes pada setiap negara anggota. Hasil tes ini nantinya akan dimasukkan dalam database keamanan pangan Uni Eropa.


Produk daging sapi tanpa label yang ternyata daging kuda ini telah menyebar setidaknya di 16 negara Eropa. Produk daging kuda ini ditemukan di negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Swiss. Bahkan daging kuda ini telah memasuki beberapa supermarket besar di Jerman.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya