AS Kucurkan Rp1,4 Miliar untuk Bantu Tangani Banjir Jakarta

Banjir Bundaran HI Mulai Surut
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Akting Jadi Mafia yang Misterius, Maxime Bouttier: Aku Aslinya Cerewet
Pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga USAID menyumbang lebih dari Rp1 miliar untuk membantu pemerintah DKI Jakarta menghadapi bencana banjir yang terjadi setiap tahunnya. Bantuan serupa juga akan diberikan untuk wilayah lain yang mengalami bencana di Indonesia.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Depok Termasuk?

"Untuk bencana banjir di Jakarta saja, USAID mengalokasikan dana sekitar US$150.000 (Rp1,4 miliar)," kata John F. Hansen, Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia di pusat kebudayaan Amerika di Jakarta, Jumat 15 Februari 2013.
Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel


Hansen juga mengatakan bahwa USAID berkomitmen membantu daerah lainnya di negara ini. Untuk itu, dia berharap berbagai wilayah di Indonesia dapat mengajukan permohonan pengalokasian dana bantuan dari pemerintah AS.


"Kami mengalokasikan dana minimal US$50.000 (Rp483 juta). Tetapi angka itu bisa berubah tiap tahunnya, tergantung dari jenis bencananya juga," kata Hansen. Selain bantuan bencana, lanjutnya, Kongres AS juga memberikan bantuan untuk adaptasi perubahan iklim di Indonesia senilai US$2 juta (Rp19,3 miliar).


Harlan Hale, Penasehat Regional Penanganan dan Pengurangan Risiko Bencana USAID Indonesia, mengatakan bahwa tahun ini USAID telah mengucurkan bantuan penanganan bencana di seluruh Indonesia hingga US$6 juta (Rp58miliar).


"Ini belum termasuk bantuan yang diberikan kepada BNPB," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya