Jokowi: Warga Rusun Marunda Jangan Tergantung Subsidi

Jokowi Kunjungi Marunda
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera mewujudkan relokasi warga di sekitar waduk Pluit ke rumah susun Marunda, Jakarta Utara. Warga yang akan direlokasi difasilitasi dengan berbagai kemudahan oleh Pemprov DKI.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, supaya tertarik, warga sekitar waduk Pluit yang direlokasi ke rumah susun Marunda akan difasilitasi dengan berbagai kemudahan. Selain transportasi gratis ke Muara Baru, warga rusun akan dikasih makan tiga kali sehari.
Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi


"Ya sedikit demi sedikit lah kalau kita rasa mereka sudah siap, ya dilepas, jangan sampai ada ketergantungan. Kita lihat di lapanganlah. Yang paling penting sekarang menyelesaikan masalah di Marunda secepatnya," kata Jokowi


Jokowi menuturkan Pemprov DKI ingin segera menyelesaikan permasalahan di rusun Marunda, karena masih ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi terutama permasalahan air bersih dan listrik.


"Mungkin besok Minggu saya dengan Pak Wagub ke sana untuk menyelesaikan, terutama air dan listrik segera rampung. Kemudian akan dicarikan lagi untuk tempat tidur ke CSR  sebanyak-banyaknya," kata Jokowi


Selain itu, Jokowi menyebutkan selain di Marunda akan diselesaikan juga permasalahan di beberapa rusun yang lainnya agar semua rusun bisa dihuni dan dimanfaatkan dengan baik oleh warga DKI Jakarta.


"
Nggak
hanya di Marunda saja, di Cakung ada rusun kosong melompong, di Jakarta Timur ada Cipinang Besar Selatan  juga kosong melompong. Nanti dimasuk-masukan. Di Jakarta Barat juga banyak," kata Jokowi.


Sebelumnya, Jokowi menyebutkan ada beberapa fasilitas yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi warga yang berniat menghuni rusun.


Kemudahan fasilitas itu di antaranya, fasilitas transportasi gratis dari Muara Baru ke Marunda. Khusus untuk warga rusun Marunda karena sebagian besar warga sekitar waduk Pluit yang direlokasi ke rusun Marunda bekerja di pelelangan ikan Muara Baru dan sebagai nelayan.


Fasilitas lainnya yaitu, warga rusun akan mendapatkan perabotan rumah tangga yang siap pakai serta sewa  gratis rusun selama tiga bulan dan akan mendapatkan makan tiga kali sehari.


Tetapi disampaikan Jokowi, fasilitas makan dan transportasi gratis tidak akan selamanya diberikan. Apabila warga dirasa sudah mampu, subsidi tersebut akan dihentikan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya