Petral Peringkat 6 Perusahaan Tersukses Singapura

KPK minta bantuan Pertamina selidiki kasus Petral
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
Petral, Pertamina Energy Service Pte Ltd (PES), arms trading Pertamina, meraih posisi ke-6 dalam The Ranking of Singapore’s Most Successful Corporations menurut lembaga ranking Singapura (DP Information Group), dari 1.000 perusahaan terbesar yang beroperasi di Singapura.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Beberapa perusahaan trading minyak dan produk turunannya, seperti Shell Eastern Trading, BP Singapore, Vitol Asia, Exxon Asia Pacific mendominasi posisi 5 besar.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior


Adapun Petral mengungguli peringkat Petrochina International, CS Caltex, SK Energy International, dan Sinochem International Oil (Singapore) yang masing-masing menduduki peringkat ke-7 hingga ke-10. Penghargaan tersebut diserahkan pada 1 Februari 2013 di Singapura.


Dalam kategori lain, Petral juga menyabet peringkat ke-41 ‘Fastest Growing – 50’, yaitu 50 perusahaan yang dinyatakan memiliki tingkat pertumbuhan penjualan minimal 10% per tahun dalam 3 tahun berturut-turut. Tingkat pertumbuhan penjualan Petral pada 2012 tercatat sebesar 60,5%.


“Pencapaian ini turut mendukung dipertahankannya status ‘Global Trader Programme (GTP)’ yang diberikan pemerintah Singapure kepada PES sehingga memperoleh insentif pajak penghasilan (Corporate Income Tax) hanya sebesar 5% dari tarif normal sebesar 17%,” tutur Managing Director Petral, Bambang Irianto, dalam keterangan tertulis, Selasa 12 Februari 2013.


Ia menjealasn penghargaan ini merupakan bukti Petral menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Govenrnance (GCG) sebagai budaya kerja perusahaan. Terhitung sejak 1 Juli 2012, Petral telah menggunakan Enterprise Resource Planning-MySAP sebagai platform sistem trading dan proses pembukuan sehingga telah terintegrasi dengan platform system pada PT Pertamina (Persero).

 

Kontribusi Dividen

Sementara itu, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Petral pada 18 Januari 2013, telah diputuskan untuk menyetorkan dividen sebesar US$22,81 juta atau setara dengan Rp220 miliar. Dividen tersebut merupakan 50 persen dari seluruh keuntungan Petral yang diraih pada 2012.


Laporan Keuangan Petral dan PES yang masing-masing diaudit oleh kantor akuntan public Ernst & Young Hong Kong dan Singapura mendapatkan status penilaian True and Fair (WAJAR) pada hari yang sama.


“Penyelesaian Laporan Keuangan Audited 2012 dan pelaksanaan RUPS pada bulan Januari ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Petral yang akan berusia 37 tahun pada Maret nanti karena Petral merupakan Anak Perusahaan Pertamina yang tercepat dalam penyelesaian Laporan Keuangan Auditednya dan melaksanakan RUPS." (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya