Rabu, 23 April 2014
21:21 WIB
7-2-1992: Uni Eropa Diresmikan
Komunitas Eropa (EC) berganti nama menjadi Uni Eropa (UE).
Like
Bendera Uni Eropa
Renne R.A Kawilarang | Kamis, 7 Februari 2013, 06:19 WIB
VIVAnews – Pada 21 tahun lalu, integrasi negara-negara di Eropa semakin kuat dengan meresmikan suatu persekutuan baru, Uni Eropa. Menteri luar negeri dan keuangan dari 12 negara Eropa menandatangani Perjanjian Maastricht yang memformalisasikan berdirinya Uni Eropa.

Menurut stasiun berita BBC, perjanjian Maastricht yang menjadi fondasi Uni Eropa tersebut terdiri dari dua bagian. Pertama, Persetujuan Uni Eropa, dan kedua, Undang-Undang Final Maastricht.

Dengan ditandatanganinya kedua perjanjian tersebut, institusi yang dulunya bernama Komunitas  Eropa (EC) resmi berganti nama menjadi Uni Eropa (EU). Warga kedua belas negara anggotanya kini menjadi warga Eropa yang bebas tinggal dan bekerja dimana saja di seluruh Eropa.

Organisasi baru ini memiliki kewenangan yang lebih luas karena bertanggung jawab atas kebijakan dalam dan luar negeri serta sejumlah persoalan keamanan dan hukum negara anggotanya.

Proses ratifikasi Perjanjian Maastricht sendiri berlangsung alot. Denmark awalnya menolak perjanjian tersebut dan baru menerima pada tanggal 18 Mei 1993 setelah mendapat sejumlah pengecualian.

Referendum serupa yang dilakukan di Perancis hanya berselisih 1 persen antara kelompok yang mendukung dengan yang menentang. Inggris sendiri menerima setelah menghapus agenda peraturan sosial dalam perjanjian tersebut.

Kini, Uni Eropa beranggotakan 27 negara setelah bergabungnya negara-negara baru pecahan Uni Soviet.

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya