Pordasi Kembali Punya Komisi Equestrian

Atlet equestrian Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews – Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) kembali punya komisi equestrian yang dinamakan Eqina (Equestrian Indonesia). Eqina dibentuk pada 14 Desember 2012 melalui mekanisme Munas Masyarakat Equestrian yang mewakili 24 dari 33 klub equestrian, serta 18 dari 24 pengprov. Organisasi ini disahkan melalui Rakor Pordasi.

Ketua Umum Pordasi, Eddy Saddak, menyambut baik masuknya Eqina ke organisasinya. “Pordasi harus bisa menyerap aspirasi masyarakat equestrian seperti tanggal 14 Desember kemarin," kata Eddy, Sabtu 2 Februari 2013.

Ketua Eqina, Jose Rizal Partokusumo, mengatakan ke depannya Eqina akan fokus ke masalah pembinaan. Langkah pertama yang dilakukan Eqina adalah menyelenggarakan training camp pada 1-3 Februari 2013 di Pegasus Stable, Lido, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh 31 atlet binaan dan 12 observer dengan 29 kuda dari beberapa stable di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sedikit menengok ke belakang, pada bulan Maret 2012 Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi), Federasi Equestrian Indonesia (EFI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengadakan pertemuan.

Mereka membahas kemandirian cabang equestrian (ketangkasan berkuda) sekaligus menandatangani nota kesepahaman. Nota kesepahaman berisi kesepakatan antara Pordasi dan EFI mengenai pemisahan dan pelepasan equestrian dari Pordasi.

"Pordasi akan mengurusi pacuan kuda sedangkan EFI fokus ke olympic sport," kata Ketua Umum KONI Tono Suratman saat itu.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Saat ini Federasi Equestrian Internasional (FEI) mengakui EFI sebagai otoritas equestrian di Indonesia. (eh)

Dukung pemerintah pencapaian ekonomi 2024

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Perlu adanya transformasi struktural dengan kuatkan pasar dalam negeri, sebut saja salah satunya transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024