VIDEO: Motor Berbahan Bakar Elpiji 3 Kilogram

SPBU Self Service
Sumber :
  • ANTARA/ Zabur Karuru

VIVAnews - Seorang guru SMA 1 Sumedang, Jawa Barat sukses mengkonversi BBM premium motornya dengan gas elpiji.

Untuk melakukan inovasi tersebut, guru Fisika bernama Cece Wawan itu mengaku sering kali membuka internet guna mendapatkan referensi.

Dia mengubah karburator dengan menghilangkan tabung ventury. Kemudian cara kerjanya terbagi menjadi dua jalur, satu ke jalur gas tenaga dan satu lagi ke jalur langsang.

Di bagian tabung gas dipasang regulator dan keran penutup. Posisi tabung diletakan di jok belakang motor, seperti aksesoris box. Percobaan ini menelan biaya sekitar Rp200 ribu untuk membeli alat dan komponen.

Penggunaan gas elpiji jauh lebih hemat ketimbang bensin. Biasanya dengan menggunakan 2 liter bensin (Rp10.000) hanya cukup untuk dua hari atau jarak tempuh 120 km. Sedangkan dengan gas elpiji 3 kilogram seharga 15 ribu bisa digunakan hingga 15 hari.
Meski begitu, Cece mengaku masih perlu melakukan penyempurnaan perihal aspek kemananan. Temuan ini bisa menjadi alternatif jika penggunaan BBM subsidi benar-benar dibatasi nantinya. (eh)

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman
Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024