ARB Terkesima Menonton Teater "Fang Yin"

Aburizal Bakrie Temui Pedagang Pasar Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie terkesima menyaksikan pertunjukan Teater Monoplay bertajuk "Fang Yin", yang digelar di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Jumat malam, 18 Januari 2012. Hampir selama dua jam, ARB tampak menikmati dan tak beranjak dari tempat duduknya di barisan tengah.

Monoplay ini berkisah tentang gadis keturunan Tionghoa bernama Fang Yin yang menjadi korban perkosaan saat kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Kejadian ini mendorong keluarga Fang Yin untuk hijrah ke Amerika Serikat. Usai kepindahannya, Fang Yin tumbuh menjadi pribadi yang soliter, lantaran telah timbul luka jiwa yang mendalam. 

Ia bahkan mengutuk Jakarta dan Indonesia secara keseluruhan. Terlebih, sang kekasih yang bernama Zulfikar seolah tidak memberi perhatian besar terhadap penderitaannya. Belakangan, Zulfikar bahkan menikah dengan Rina, yang tak lain adalah teman Fang Yin.

"Kita harus belajar dari sejarah. Sejarah kelam itu tidak boleh terulang. Tidak boleh ada diskriminasi dan kekerasan lagi pada bangsa ini," kata ARB usai pertunjukan.

ARB memberi apresiasi yang tinggi terhadap pertunjukan tersebut. Menurutnya, dalam kehidupan terdapat aspek lain di luar politik dan bisnis yang harus dinikmati. Apalagi dengan suguhan para pemeran monoplay, di mana karakter Fang Ying diperankan dengan bagus oleh aktris kenamaan Olivia Zalianty.

"Pemerannya anak-anak muda, mampu dengan baik mengekspresikan dirinya dan menggambarkan suatu sejarah kelam tahun 1998. Ini mengharukan dan membanggakan bagi bangsa Indonesia. Masih ada orang yang mau melakukan (pertunjukan) padahal kita tahu pendapatan yang diperoleh sebenarnya cukup kecil," tuturnya.

Sementara itu, Olivia sendiri mengaku penampilannya kurang maksimal. Dia merasa pada sesi latihan pernah menampilkan akting yang jauh lebih hebat. "Mungkin karena sejak datang ke Yogya, Selasa lalu, saya diforsir dengan latihan. Semoga lain kali bisa lebih baik," ucapnya. (kd)

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024