Enam Hal yang Perlu Diperhatikan Pengungsi Banjir

pengungsi banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAlife - Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan korban banjir. Salah satunya dengan mendirikan pengungsian yang diperuntukkan bagi mereka. Namun masalah kesehatan di lingkungan pengungsian patut mendapat perhatian lebih.

Agar para pengungsi tidak jatuh sakit dan tetap dalam keadaan sehat, pakar penyakit dalam FKUI, Dr.H. Ari Fahrial Syam, SpPD mengatakan, para pengungsi perlu meningkatkan kewaspadaan ancaman kesehatan: diare dan keracunan makanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengungsi selama berada di tempat pengungsian. Jangan sampai tempat pengungsian justru mengancam kesehatan.

1. Pastikan di tempat pengungsian terdapat pasokan bahan makanan dan air bersih yang memadai. Kemudian hindari konsumsi makanan matang yang sudah melewati waktu, tanpa dihangatkan kembali. Ini untuk mencegah terjadinya keracunan makanan.

2. Selain mengkonsumsi makanan dalam keadaan segar, cucilah tangan menggunakan sabun antispetik atau hand antiseptic. Ini untuk menghindari infeksi pada usus Anda.

3. Pastikan tersedia alas tidur yang memadai, seperti selimut untuk orang tua dan anak-anak agar terhindari dari angin malam. Hindari pula paparan udara dingin dari luar tempat pengungsian.

4. Perhatikan kebersihan lokasi pengungsian. Ada baiknya jika lokasi sekitar rutin dibersihkan dengan antiseptik. Ini dapat dilakukan oleh para pengungsi muda yang berkoordinasi langsung dengan penanggungjawab tempat pengungsian. Hal ini untuk menghindari masuknya penyakit.

5, Umumnya saat mengungsi, jumlah makanan dan minuman sering terlewatkan. Oleh karena itu para pengungsi harus mendapatkan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral, khususnya bagi anak-anak dan orang tua.

6. Siapkan obat-obatan sederhana, seperti obat penurun panas, obat anti diare, obat sakit kepala, dan oralit. Bagi anak-anak untuk menghilangkan rasa trauma akibat bencana ini, perlu pula adanya pengadaan buku bacaan, mainan, dan lainnya. Ini untuk mencegah anak-anak bermain di luar dengan air banjir. (sj)

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto hadir di acara ulang tahun dari adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo pada Kamis, 25 April 2024.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Prabowo Subianto, menyampaikan permohonan maaf ke senior-seniornya, saat masih aktif di TNI. Adapun sejumlah purnawirawan (Purn) hadir dalam acara Siti Hardjanti WIsmoyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024