Kemenkeu: 2013 Masih Tahun Krisis

Gedung kementerian Keuangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah berharap Indonesia mendapatkan keberuntungan dalam mengelola anggaran pada tahun ini. Pasalnya pada 2013 bukanlah akhir melainkan bagian dari krisis ekonomi dunia.

Perbaikan kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) dengan memutuskan kebijakan yang pro menghindari jurang fiskal pada awal tahun ini memang memberi angin segar pada ekonomi dunia saat ini. Namun, belum adanya kebijakan pasti dari kawasan Eropa masih menjadi ancaman yang harus diwaspadai Indonesia ke depannya.

"Eropa tidak lebih jelek, itu saja sudah bagus," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro, di gedung DPR, Jakarta Senin 14 Januari 2013.

Perkiraan melesetnya asumsi yang sudah diungkapkan pemerintah pada akhir tahun kepada DPR menurutnya, merupakan suatu bentuk kehati-hatian pemerintah agar semua pihak ikut menjaga stabilitas ekonomi Indonesia, di tengah krisis saat ini. "Yang coba kita tampilkan supaya pemerintah dan DPR sama-sama paham bahwa tahun 2013 ini bukan tahun yang gampang," katanya.

Dia menegaskan, saat ini, pemerintah khususnya kementerian keuangan hanya berharap, akan ada perbaikan ekonomi dunia. Sehingga tekanannya pada ekonomi Indonesia dapat berkurang dan pembangunan yang sedang dilakukan dapat berjalan lancar. "2013 Ini merupakan bagian dari krisis, tinggal kita lihat trennya membaik atau datar," katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemerintah telah menyatakan beberapa asumsi dalam APBN diperkirakan akan meleset pada tahun ini, salah satunya kuota subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada tahun ini.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Jebolnya kuota tersebut dikatakan pemerintah selain karena meningkatnya defisit perdagangan minyak dan gas bumi Indonesia, juga dikarenakan harga minyak dunia trennya meningkat saat ini. Hal tersebut mengakibatkakn asumsi harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) meleset dari yang diasumsikan. (adi)

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024