Yang Buat Dahlan Iskan Selamat dari Tabrakan Maut Tucuxi

Mobil listrik Dahlan Iskan mengalami kecelakaan di Magetan
Sumber :
  • ANTARA/ Siswowidodo

VIVAnews - Pencipta mobil listrik Tucuxi, Danet Suryatama buka-bukaan soal insiden kecelakaan yang dialami Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Danet pun menjelaskan kenapa mobil itu tak terbakar dan pengemudi tidak mengalami luka serius meski mengalami tabrakan cukup parah.

Menurutnya itu lantaran adanya sistem struktural yang dimiliki Tucuxi. "Satu hal yang tidak mampu dibongkar tim Dahlan Iskan adalah structural system dari Tucuxi. Alhamdulillah, struktur kendaraan berfungsi seperti yang kami desain. Tucuxi mempunyai sistem struktur yang terdiri dari crush zone (zona ringsek) dan safe zone (zona aman)," kata Danet dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Minggu 13 Januari 2013,

Crush zone berfungsi menyerap energi kinetik tabrakan dengan menjadi ringsek saat menyalurkan energi tabrakan ke struktur lain. Safe zone sebaliknya berfungsi secara rigid/kaku menahan segala gaya/tegangan dari tabrakan tersebut.

Pada Tucuxi, bodi mobil yang terbuat dari serat karbon (Aramid Carbon Fiber) dan sebagian struktur baja berfungsi menjadi ringsek. Demikian pula, atap kendaraan yang terbuat dari kaca menjadi pecah berkeping-keping untuk melindungi penumpang dari terhimpit atap.

Sebaliknya, struktur space frame Tucuxi yang terbuat dari baja stainless berkekuatan tinggi mampu melindungi penumpang serta baterai dari himpitan kendaraan.

Sehingga meski menabrak tebing dalam kecepatan tinggi (sekitar 80 km per jam), mobil tidak terbakar, seperti mobil listrik lainnya.

"Kami mendesain sistem struktur Tucuxi sesuai dengan persyaratan tabrakan AS (NHTSA) dan Eropa (Euro-NCAP). Bandingkan kecelakaan mobil istrik ini dengan yang dialami oleh mobil listrik China BYD e6 dan Chevrolet Volt AS yang terbakar baterainya ketika tabrakan," katanya. (eh)

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Jaksa KPK akan memanggil Febri Diansyah dkk dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa mantan Mentan SYL.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024