Satpam Gugur dalam Tugas Terima Penghargaan Kapolri

HUT Satpam
Sumber :

VIVAnews - Lima anggota Satuan Pengamanan (Satpam) menerima penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dalam upacara peringatan HUT Satpam ke-32 di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu 9 Januari 2013. Empat dari lima satpam yang menerima penghargaan tersebut tewas saat tengah bertugas.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Timur mengatakan, penghargaan ini diberikan atas dedikasi mereka menjaga keamanan masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh satpam, asosiasi, dan stakeholder terkait atas dedikasi dan kerjasama sebagai mitra kepolisian," kata Timur dalam sambutannya.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Timur mengatakan tugas dan tantangan Satpam tidak kalah berat dibandingkan dengan polisi. Tak jarang mereka harus mempertaruhkan nyawa demi menjaga keamanan masyarakat. 

"Dari beberapa kejadian, banyak yang digagalkan Satpam. Baik ditangkap, maupun menjadi korban. Itu risiko Satpam," ungkapnya.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Menurut Timur, kepolisian akan meningkatkan kerjasama dengan Satpam. Selain itu, program pelatihan juga akan lebih diintensifkan.

"Tugas Satpam itu di lingkungan kerja, kemudian juga di lingkungan pemukiman. Itu yang terus kita tingkatkan baik dari sisi kualitas maupun dari jumlah," ujarnya.

Berikut adalah nama lima Satpam yang mendapat penghargaan dari Kapolri.

1. Ansyar, anggota Satpam PT Merapi Utama Farma. Ansyar tewas ditembak di bagian perut saat mengejar pelaku pencurian motor di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan, 19 Januari 2012.

2. Supriyatna, Satpam Institut Pertanian Bogor, tewas ditembak saat menggagalkan pencurian motor di kampus IPB di Desa Babakan, Dramaga, Bogor, Jawa Barat, 25 Mei 2012.

3. Suhardi, Satpam Institut Pertanian Bogor. Bersama Supriyatna, Suhardi tewas saat menggagalkan pencurian motor di kampus IPB di Desa Babakan, Dramaga, Bogor, Jawa Barat, 25 mei 2012.

4. Asep Wahyudin, anggota Satpam PT Nusantara Satria Agung. Tewas saat menjalankan tugas malam di BCA Kopo Bihbul, Bandung, Jawa Barat, 19 Oktober 2011.

5. Asep Erwin anggota Satpam PT Artdeco Sejahtera Abadi berhasil menggagalkan pembobolan ATM di Bank BJB, Cibadak, Jawa Barat, 28 Maret 2012. Dalam menjalankan tugasnya ini, Asep selamat dari maut. (eh)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya